Logo BMKG

BMKG: Waspada Potensi Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di Wilayah Sulsel Hari Ini

Jumat, 10 Januari 2020 | 10:11 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang bakal terjadi di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan hari ini, Jumat (10/1/2020).

Khususnya di malam hari nanti, hujan ringan berpotensi turun di hampir seluruh wilayah Sulsel. Bahkan hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah  Masamba, Palopo, Belopa, Malili, Rantepao, Makale dan Pinrang.

pt-vale-indonesia

Hal tersebut diperkirakan akan terjadi hingga dini hari besok. Hujan ringan berpotensi turun di wilayah Makassar, Gowa,  Maros, Pangkajene, Barru, Parepare dan Belopa serta hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah  Pinrang, Masamba dan Malili. 

Sementara untuk pagi hari ini, cuaca di wilayah Sulsel berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Pinrang, Parepare, Masamba, Rantepao, Makale, Palopo, Malili, dan sebagian Sidenreng, Barru, Maros, Makassar dan Gowa.

Begitu di siang hingga sore hari nanti hujan ringan berpotensi turun di sebagian besar wilayah Sulsel dan berpotensi hujan sedang di wilayah  Sinjai, Rantepao, Belopa, Malili, Makale dan Bulukumba. Kecuali berawan di wilayah Sengkang, Watampone dan Watansoppeng.

Suhu udara : 19 sampai 32 °C, kelembapan udara : 70 sampai 98 persen dengan kecepatan angin : Barat – Barat Laut / 10 – 40 km/jam.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan untuk waspada gelombag tinggi di perairan Sulsel. Seperti Moderate Sea 1.25-2.5 meter terjadi di Selat Makassar bag. Selatan, Perairan Kepulauan Selayar, Perairan P. Bonerate – Kalaotoa dan Laut Flores.(*)


BACA JUGA