Ilustrasi hujan petir (google)

BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Gowa-Makassar Siang Ini

Senin, 13 Januari 2020 | 07:45 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan hari ini, Senin (13/1/2020).

Khususnya di siang hingga sore hari ini, BMKG memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Barru, Takalar, Gowa, Makassar, Maros dan Pangkep.

Sementara untuk prediksi sepanjang hari ini, Sebagian besar wilayah Sulsel berpotensi hujan dengan intensitas yang berbeda. 

Seperti di pagi hari ini berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Barru  Jeneponto dan Selayar. Bahkan berpotensi hujan sedang di Pangkep, Maros, Makassar, Gowa dam Takalar.



Begitupun di siang hingga sore hari nanti hujan ringan berpotensi turun di wilayah Sinjai, Bantaeng, Selayar, Malili, Masamba, Makale, Rantepao, Belopa, serta hujan sedang di wilayah Jeneponto dan Bulukumba. Kecuali hujan lebat di wilayah Barru, Takalar, Gowa, Makassar, Maros dan Pangkep.

Hal yang sama juga terjadi di malam hari nanti berpotensi hujan ringan di wilayah Selayar, Malili, Masamba, Jeneponto, Bulukumba, Bantaeng dan hujan sedang di wilayah Pangkep, Maros, Barru, Makassar, Gowa, Takalar.

Dini hari besok masih berpotensierpotensi hujan ringan di wilayah Makassar, Gowa, Takalar, Pangkep, Maros, Barru, Jeneponto, Sinjai, Bulukumba, Selayar dan Belopa.

Suhu udara : 19 sampai 31 °C, kelembapan udara : 70 sampai 98 persen dengan kecepatan angin angin : Barat – Barat Laut / 10 – 50 km/jam.

BMKG juga mengingatkan untuk waspada gelombag tinggi di perairan Sulsel. Seperti Moderate Sea 1.25-2.5 m terjadi di Perairan Pare-pare, Perairan Spermonde Pangkep bag. Barat, Perairan Spermonde pangkep, Perairan Spermonde  Makassar bag. Barat, Perairan Spermonde Makassar dan Teluk Bone bagian Selatan.

Serta Rough Sea 2.5-4.0 meter terjadi di Selat Makassar bagian Selatan, Perairan barat Kepulauan Selayar, Perairan Kepulauan Sabalana, Perairan timur Kepulauan Selayar, Laut Flores bagian Utara,  Laut Flores bagian Barat, Perairan P. Bonerate – Kalaotoa Bagian Utara, Perairan P. Bonerate –  Kalaotoa bagian Selatan dan Laut Flores bagiam Timur.(*)


BACA JUGA