Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) Sulsel, Suparji (tengah) bersama PPK OP II Satker Pemeliharaan BBWSPJ Sulsel, Dr H Muh Hasby (kanan) dan Camat Manggala, Anshar Usman (kiri) saat meninjau pembersihan enceng gondok di kanal Pampang, Makassar, Kamis (16/1/2020)

Tangkal Banjir, BBWSPJ Bersihkan Eceng Gondok di Saluran Pampang

Kamis, 16 Januari 2020 | 13:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) Sulsel kembali melaksanakan pembersihan eceng gondok di saluran air (kanal).

Salah satu saluran air yang jadi titik pembersihan adalah kanal Pampang, Kecamatan Manggala, Makassar. Dalam pembersihan eceng gondok itu, BBWSPJ menggunakan alat berat (excavator). 

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Suparji mengatakan, pembersihan eceng gondok ini sebagai bagian dalam rangka menangkal terjadinya banjir. Sebelumnya, BBWSPJ Sulsel juga telah menormalisasi kanal dengan pengerukan sedimen.

“Eceng gondok ini mempengaruhi aliran air di dalam kanal menuju pantai. Kecepatan aliran air di kanal menuju laut terhambat. Ini kita bersihkan sebagai upaya menangkal meluapnya air di kanal terutama musim hujan yang bisa menyebabkan banjir,” papar Suparji disela meninjau pembersihan kanal Pampang, Kamis (16/1/2020).



Suparji menyebutkan, ada total 21,4 kilometer panjang saluran air yang eceng gondoknya dibersihkan. Saat ini, BBWSPJ telah membersihan sekira 9 kilometer. Masih ada 12 kilometer yang akan dibersihkan. 

“Kami berharap sinergi Pemkot Makassar. Sehingga target pembersihan eceng gondok ini bisa rampung secepatnya,” ungkap dia.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) OP II Satuan Kerja (Satker) Operasional dan Pemeliharaan BBWSPJ Sulsel, Dr H Muh Hasby menambahkan, pembersihan eceng gondok ini merupakan sikap tanggap dalam mengantisipasi terjadinya banjir. Selain saluran Pampang, sebut Hasby, pihaknya juga membersihkan eceng gondok di saluran air di wilayah Gowa.

“Untuk itu kami berharap dukungan masyarakat agar ikut menjaga kanal dengan tidak membuang sampah di dalamnya,” pinta Hasby.

Sementara itu, Camat Manggala, Anshar Usman mengapresiasi program pembersihan eceng gondok yang dilakukan BBWSPJ. Ia menyatakan siap bersinergi dengan meminta warganya untuk turut menjaga kebersihan saluran air dari sampah.

“Program pembersihan eceng gondok ini untuk kepentingan masyarakat juga. Kami tentu siap dukung dan bersinergi dengan BBWSPJ,” tandas Anshar.(*)


BACA JUGA