#

Dana ZISWAF untuk Pembangunan Air Bersih dan Sanitasi

Rabu, 29 Januari 2020 | 15:37 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Salah satu program pendistribusian utama dana Zakat Infaq Shadaqah dan Wakaf (ZISWAF) dari BAZNAS di seluruh tingkatannya adalah untuk program kesehatan masyarakat, sebagai upaya bersama untuk mewujudkan program SDGs. 

Untuk memaksimalkan pemanfaatan ZISWAF, pihak UNICEF bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan workshop pemanfaatan dana ZISWAF untuk pembangunan air bersih dan sanitasi di Sulawesi Selatan. Workshop yang dilaksanakan di Hotel Best Western Makassar, Selasa 28 Januari 2020 diikuti oleh 19 Baznas Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan.

Ketua BAZNAS Kabupaten Bulukumba Muhammad Yusuf Shandy yang menghadiri Workshop menyampaikan bahwa salah satu narasumbernya adalah Ketua BAZNAS Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. TGH Salimul Jihad. Dia salah salah satu BAZNAS yang telah sukses membangun 662 rumah tinggal layak huni (RTLH), dan 1.618 jamban bagi keluarga fakir miskin, sepanjang tahun 2017 samai 2019.

Workshop tersebut, lanjut Yusuf melahirkan beberapa kesepakatan dan rekomendasi, antara lain; pertama, BAZNAS Provinsi dan BAZNAS Kabupaten/kota dilibatkan secara aktif dalam penyusunan perencanaan pembangunan (musrembang), di setiap tingkatannya.



Selain, BAZNAS Provinsi dan BAZNAS Kabupaten/Kota sepakat mengalokasikan minimal dua persen dari total dana pendistribusiannya untuk pembangunan sanitasi dan air bersih sebagai bagian dari program kesehatan masyarakat, khususnya keluarga fakir miskin.

Yusus Shandy juga menjelaskan, pada tahun 2020 ini, BAZNAS Kabupaten Bulukumba memprogramkan pembangunan 20 unit RTLH dan 50 unit jamban untuk keluarga miskin. 

“Untuk mewujudkan hal tersebut, BAZNAS akan menggandeng BUMN/BUMD, perusahaan swasta, TNI, POLRI dan masyarakat luas,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA