Tanah longsor dan pohon tumbang sempat menutup jalan poros menuju Malino Kecamatan Tinggimoncong, tepatnya di Kampung Kunyika, Dusun Galesong, Kecamatan Parangloe, Jumat (31/1/2020)

Longsor dan Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Menuju Malino

Jumat, 31 Januari 2020 | 19:05 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Tanah longsor dan pohon tumbang sempat menutup jalan poros menuju Malino Kecamatan Tinggimoncong, tepatnya di Kampung Kunyika, Dusun Galesong, Kecamatan Parangloe, Jumat (31/1/2020).

Kapolsek Parangloe Iptu Kasmawati mengatakan tanah longsor dan pohon tumbang terjadi Jumat dinihari (31/1/2020) sekitar jam 03.00 Wita dan selesai dibersihkan hingga jelang pukul 09.30 Wita pagi tadi.

“Namun kondisi ini cepat teratasi dengan bantuan alat berat excavator dan loader yang digunakan untuk membersihkan material longsor berupa tanah dan batu besar serta batang pohon. Aktivitas alat berat inipun dibantu tenaga masyarakat dan aparat Kepolisian Parangloe serta Koramil Parangloe,” kata Iptu Kasmawati.

Iptu Kasmawati menjelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi akibat hujan deras yang disetai angin kencang yangb terjadi di wilayah Kecamatan Parangloe.



“Pohon tumbang yang menutup akses jalan disebabkan karena hujan deras dan tiupan angin sejak semalam yang menyebabkan pohon tumbang yang melintang diatasĀ  jalan sehingga para pengguna jalan baik dari arah Sungguminasa menuju ke Malino tidak bisa melintas begitupun sebaliknya,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan kejadian tersebut sempat membuat arus lalu lintas terganggu. Baik dari arah Malino menuju Sungguminasa maupun sebalinya.

“Akibatnya arus kendaraan di poros Lonjoboko ini sempat macet. Kendaraan harus ngantre melintas satu persatu setelah material longsoran dan batang pohon berhasil disingkirkan,” ungkapnya.

Sementara untuk tanah longsor yang terjadi, disebabkan karena adanya pengikisan bukit pasca pelebaran jalan poros Malino dimana tanah yang dijadikan penyangga bebatuan dalam keadaan labil sehingga pada saat hujan tanah tersebut jatuh yang menyebabkan longsor.(*)


BACA JUGA