FOTO: Ketua DPD PAN Kabupaten Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki/ist
#

Lewat Pilkades Serentak, Andi Nain Harap Warga Tumbuhkan Kesadaran Demokrasi

Kamis, 06 Februari 2020 | 11:50 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki mengimbau kepada semua masyarakat Bulukumba untuk mendorong Pilkades serentak Bulan depan bisa berlangsung dengan riang gembira.

Andi Nain mengatakan, demokrasi yang dewasa harus dibangun dari bawah. Olehnya, kata dia kedewasaan masyarakat dalam menyikapi demokrasi akan tercermin dari hasil pelaksanaan Pilkades tahun ini.

“Mari kita berdemokrasi dengan sehat, bijak dan melaksanakannya dengan suka cita dan riang gembira. Demokrasi itu pestanya rakyat. Karena namanya pesta, maka harus berlangsung dengan senang dan riang gembira,” kata Andi Nain, sapaan Akrab Andi Zulkarnain Pangki, Kamis (6/2/2020).

Dia berharap keterlibatan semua elemen untuk mendorong penduidikan demokrasi melalui Pilkades tahun ini. Menurut Andi Nain, konstestasi demokrasi yang berlangsung dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan pemimpin yang tepat.



“Jadi di situ rumusnya, jika kontestasi itu dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh, tanpa intervensi dan perilaku menyimpang lainnya, maka yakin saja pemimpin yang ada adalah reresentasi keinginan masyarakat,” ungkapnya.

Khusus pada calon kepada desa, dia meminta agar terlibat dan pro aktif mendorong Pilkades yang damai. Menurut Andi Nain sudah waktunya calon pemimpin beradu gagasan tanpa melakukan intervensi dan saling teror.

“Pemimpin itu harus mengandalkan isi kepala,” singkatnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta kepada panitia penyelenggara Pilkades untuk menjaga netralitas. Meski memiliki hak pilih, namun tidak boleh terlibat dalam euforia dukung mendukung.

“Sukses atau tidaknya Pilkades ada di tangan penyelenggara. Makanya prinsipnya jaga netralitas. Selesaikan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh, Insya Allah ujungnya adalah jempol dan pretasi,” tandasnya.(*)

 


BACA JUGA