Kerja Cepat, Pembangunan Jembatan di Kasangngi Capai 92 Persen

Jumat, 07 Februari 2020 | 18:49 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa bekerja cepat merampungkan pembangunan Jembatan Kasangngi di Desa Pa’ladingang, Kecamatan Botolempangan, Kabupaten Gowa.

Pasca ambruk pada awal Desember 2019 lalu, Dinas PUPR langsung bergerak cepat melakukan pembenahan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa, Mundoap mengatakan, jembatan tersebut rubuh akibat diterjang arus sungai yang deras saat masih dalam tahap pekerjaan.

“Awal Desember ada sungai dengan kondisi cuaca yang kita tidak bisa prediksi terjadi di Bontolempangan dan membuat jembatan rubuh itu,” kata Mundoap, Jumat (7/2/2020).

Ia juga menyebutkan bahwa seharusnya pekerjaan tersebut selesai pada Desember lalu. Hanya saja karena rubuh pekerjaan jembatan harus diperpanjang. Sehingga lanjut Mundoap, pekerjaan jembatan tersebut sudah sesuai dan tidak menyalahi aturan.

“Sudah kami panggil rekanan yang mengerjakan jembatan itu, pengecoran ya juga telah selesai dan bobotnya telah mencapai 92,31 persen, jadi itu diperpanjang selama 50 hari kerja terhitung mulai 1 Januar hingga 15 Februari 2020, sesuai Perpres no.16 tahun 2018,” katanya.

Ia juga mengaku mengapresiasi pihak rekanan yang menangani jembatan tersebut karena siap melanjutkan pekerjaan jembatan kembali hingga selesai. Menurutnya pekerjaan saat ini sudah mencapai 92,31 persen.

“Kontraktor yang mengerjakan jembatan ini punya etikat baik dengan kembali membangun jembatan tersebut, walaupun pencairan masih 60 persen, dan pembangunannya sudah hampir rampung, yakni 92,31 persen,” ungkapnya.

Dijelaskannya lagi bahwa jembatan tersebut merupakan penghubung dua perkampungan di Desa Pa’ladingan. “Ada dua kampung di Desa Pa’ladingan. Di sebelah ada sekolah satu-satunya jembatan di situ makanya dibutuhkan,” tambahnya.(*)

Tags:

BACA JUGA