Sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada yang diselenggarakan oleh Bawaslu Sulsel, di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin (10/2/2020).

Bupati Adnan Ingatkan Netralitas ASN Gowa di Pilkada 2020

Senin, 10 Februari 2020 | 18:54 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menegaskan agar seluruh Aparatur Sipil Negera (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk tetap bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020.

“Diharapkan melalui sosialisasi ini para ASN memperhatikan rambu-rambu mana yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh ASN jelang pilkada ini agar Gowa bisa menjadi percontohan dalam pelaksanaan Pilkada 2020,” ungkap Adnan saat membuka Sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada yang diselenggarakan oleh Bawaslu Sulsel, di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin (10/2/2020).

Bupati Adnan menjelaskan ASN memang memiliki hak suara dan tanggungjawab untuk menaikkan partisipasi pemilih namun juga harus bertanggungjawab dalam menjaga aturan agar tidak melanggar kebijakan-kebijakan Bawaslu.

“Kesuksesan menjalankan suatu pemilihan menjadi tanggungjawab bersama. Perubahan yang signifikan saat ini Gowa mulai keluar dari zona merah bahkan menuju kuning dan semoga saat ini bisa menjadi zona hijau,” ungkap orang nomor satu di Gowa ini.



Sementara Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh, mengatakan bahwa Bawaslu diamanahkan untuk mengawal Pilkada baik menjelang maupun saat pelaksanaan pemilihan. Sehingga dirinya mengaku akan menggunakan kewenangan tersebut untuk menjalankan tugasnya, khususnya dalam melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran.

“Tugas utama kami adalah melakukan pencegahan agar tidak ada pelanggaran, jika ada pelanggaran maka dilakukan penindakan. Namun kami berharap itu tidak akan terjadi di Kabupaten Gowa,” katanya.

Samsuar membeberkan, dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah Kabupaten Gowa beberapa tahun belakangan ini selalu menjadi sorotan nasional. Namun pemilihan kemarin Gowa berhasil keluar dari zona merah dan beralih ke zona hijau.

“Tahun kemarin Gowa sudah keluar zona merah. Sudah saatnya kita buat Gowa berada di zona hijau bukan kembali ke zona merah,” tambah Samsuar.

Sekadar diketahui, pada sosialisasi ini turut menghadirkan narasumber yakni Plt Ketua DKPP RI Dr Muhammmad, Ketua Bawaslu Sulsel Anwar borahima, Wakil Ketua II DPRD Gowa, Wakapolres owa, Kasdim Gowa, Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa, dan Camat se-Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA