FOTO: Suasana rapat percepatan operasional Oto Dottoro yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Wajo, Amran.SE/Senin, 10 Februari 2020/Ist
#

Oto Dottoro Segera Beroperasi di Wajo

Selasa, 11 Februari 2020 | 08:40 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

WAJO, GOSULSEL.COM – Wakil Bupati Wajo, Amran.SE pimpin rapat percepatan operasional Oto Dottoro di ruang rapat pimpinan kantor Bupati Wajo, Senin (10/2/2020).

Dalam rapat tersebut membahas pelayanan kegawatdaruratan kepada masyarakat Wajo. Dimana program itu dikatakan kerja nyata dari 25 (dua puluh lima) kerja nyata Bupati dan Wakil Bupati Wajo.

Sebanyak lima Oto Dottoro yang ditempatkan pada sejumlah Puskesmas, diantaranya Puskesmas Pitumpanua melayani wilayah kerja Puskesma Pitumpanua, Keera, Salobulo.

Selanjutnya Puskesmas Majauleng melayani wilayah kerja Puskesmas Majauleng, Tosora, Gilireng dan Wewangrewu. Kemudian Puskesmas Pammana melayani wilayah kerja Puskesmas Pammana, Sabbangparu, Liu, Lempa dan Solo.



Puskesmas Maniangpajo melayani wilayah kerja Puskesmas Maniangpajo, Belawa, Sappa, dan Tanasitolo. Sementara Puskesmas Takkalalla melayani wilayah kerja Puskesmas Takkalalla, Parigi, Sajoanging dan Penrang.

“Ditambahkan mobil PSC melayani Puskesmas Tempe, Salewangeng, Pattirosompe,” kata pelaksana tugas Kepada Dinas kesehatan, Nur Asri Idrus.

Dalam kesempatan itu, Amran menyampaikan agar segera mempersiapkan operasional Otto Dottoro, diantaranya teknis pelayanan dan mekanisme perekrutan pegawainya yang berkompeten, terdiri dari dokter, apoteker, perawat, bidan, operator dan sopir.

“Segera kita jalan. Manajemen masalah tenaga diserahkan ke Puskesmas dengan koordinasi Dinas Kesehatan ditargetkan 3 hari. Direncanakan launching tanggal 15 Februari 2020 atau tanggal 17 Februari 2020,” imbau Amran.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo. H.Amiruddin mengatakan, secara teknis menyampaikan apapun upaya yang dilakukan dalam operasional Oto Dottoro diharapkan, agar ke depan semua bisa diklaim dengan kartu jaminan kesehatan atau dapat diklaim melalui BPJS.(*)


BACA JUGA