FOTO: Ketua DPD PAN Kabupaten Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki
#

Dewan Andi Nain Minta Pemerintah Desa dan Kelurahan Pro Aktif Data Warga Miskin

Senin, 17 Februari 2020 | 18:33 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Anggota DPRD Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki meminta kepada pemerintah desa dan pemerintah kelurahan, khususnya di Kecamatan Bulukumpa, Bulukumba lebih pro aktif untuk melakukan pendataan masyarakat miskin.

Hal ini disampaikan Andi Nain, sapaan akrab legisator tiga periode itu setelah menghadiri Musrembang tingkat Kecamatan Bulukumpa, di Kantor Camat Bulukumpa, Kelurahan Tanete, Senin (17/2/2020).

Menurutnya, banyak keluhan masyarakat yang disampaikan melalui perwakilan tokoh masyarakat, bahwa pendataan rakyat miskin kurang pro aktif dan tidak merata, serta tidak berbasis realitas.

“Makanya, saya minta gara pemerintah desa dan kelurahan pro aktif melakukan pendataan masyarakat miskin. Harus berbasis realitas. Kalau ada data tidak berbasis realitas maka itu adalah data fiktif,” ungkap Andi Nain.



FOTO: Musrembang tingkat Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan/Ist

Tidak hanya itu saja, ia juga meminta kepada kepala desa dan lurah, khususnya di Kecamatan Bulukumpa untuk aktif melakukan pendataan calon penerima manfaat bedah rumah.

Hal ini kata, Andi Nain juga merupakan masukan dan keluhan pada Musrembang. Dia meminta semua yang memang benar-benar bisa menerima bantuan beda rumah untuk dimasukan datanya. Soal kuota, nanti diseleksi.

Dia juga meminta agar pendataan penerima manfaat berbasis realitas dan fakta. Bukan malah sebaliknya, masyarakat pra sejahtera tidak masuk dalam data penerima manfaat, sementara yang tidak memungkinkan masuk dalam data penerima manfaat dipaksakan hanya karena persoalan kedekatan emosional.

“Jadi harus pro aktif melakukan pendataan calon penerima manfaat beda rumah. Tidak boleh asal sembarang data, kita ingin bantuan pemerintah tersalurkan dengan tepat,” ungkapnya.


BACA JUGA