Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan (Sulsel), Basri saat ditemui di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Senin (16/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

UNBK di Sulsel Tetap Digelar dengan Pengamanan Ketat

Senin, 16 Maret 2020 | 17:36 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan tetap berjalan di semua sekolah. Pemerintah Provinsi (Pemprov) memutuskan hal ini meski wabah Corona atau COVID-19 mengancam.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan (Sulsel), Basri menegaskan bahwa UNBK akan tetap berjalan sesuai dengan agenda yang ditentukan. Bagi mereka yang tidak mengikuti ujian seperti pelajar kelas sepuluh dan sebelas akan diliburkan sementara namun akan tetap belajar di rumah.

Mengenai adanya wabah corona di Indonesia, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya pencegahan dalam pelaksanaan ujian nanti. Termasuk memasang alat pemantau suhu tubuh yakni thermal scanner dan hand sanitizer di tiap sekolah.

“Yah semua harus ujian,” singkatnya saat ditemui di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Senin (16/03/2020).



Senada dengan Basri, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menegaskan bahwa UNBK nantinya bakal diawasi secara ketat. Meski ada Corona namun ia menjamin semuanya bakal aman terkendali. Sehingga para peserta tidak perlu khawatir denga adanya wabah ini.

“Ujian Nasional saya kira tidak akan ditunda, tetap berjalan tapi pengamanannya kami akan perketat,” kata Nurdin.

Sementara itu, kecuali UNBK, semua pelajar di sekolah akan diliburkan dari aktifitas belajar mengajar di sekolah hingga 31 Maret mendatang. Mereka nantinya hanya belajar di rumah dengan pengawasan orang tua dan guru. (*)


BACA JUGA