Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat meninjau UNBK di SMK Negeri 6 Makassar, Rabu (18/03/2020)

UNBK Minim Antisipasi Corona, Pemprov Sulsel Bakal Siapkan 500 Termometer

Rabu, 18 Maret 2020 | 15:25 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dalam mengantisipasi virus Corona atau COVID-19 dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menyediakan sebanyak 500 Termometer di setiap sekolah. Hal ini dilakukan menyusul minimnya alat tersebut di beberapa SMK.

Seperti yang ada di SMK 6 Makassar, saat meninjau langsung, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah tidak melihat adanya Termometer sebagai alat pengecek suhu tubuh. Namun hanya ada hand sanitizer sebagai bentuk pencegahan Corona di sekolah tersebut.

Olehnya itu, Nurdin Abdullah meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel untuk segera menyediakan alat tersebut. Mengenai harga Termometer yang kian menolak, ia pun tidak mempermasalahkannya.

“Bayangkan itu harganya dulu lima ratus ribu tapi sekarang sudah enam juta Tapi bagi kita harga tidak menjadi soal yang penting barangnya ada,” katanya saat ditemui di SMK Negeri 6 Makassar, Rabu (18/03/2020).



Menurutnya, termometer ini penting bagi setiap sekolah untuk disediakan sebab dari alat tersebut, mereka bisa tahu siapa saja yang mengalami gejala dari COVID-19. Olehnya, Nurdin nantinya akan membagikan Termometer tersebut ke setiap sekolah di Sulsel.

“Makanya saya minta kadis untuk sediakan itu dan diberika ke setiap sekolah,” lanjut Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Meski begitu, ia mengaku bahwa proses ujian ini berlangsung dengan lancar. Kendati adanya COVID-19, namun ini tidak menghalangi bagi pihaknya untuk menggelar UNBK sebab sudah ada pencegahan. Terlebih, hingga kini Sulsel masih aman dari virus ini.

“Yah kita beri semangat anak-anak kita bahwa Alhamdulillah Sulsel kita masih dalam kondisi negatif tentu kita berharap mereka juga bisa semangat mengerjakan soal-soal,” katanya. (*)


BACA JUGA