Mahasiswa Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Monica Linda saat mempraktikkan cara pembuatan Hand Sanitizer di Lab PTP, Selasa (17/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

Mahasiwa PTP UNM Sulap Daun Mangrove Jadi Hand Sanitizer

Rabu, 18 Maret 2020 | 15:07 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Mahasiswa Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Monica Linda berhasil menciptakan hand sanitize untuk pencegahan virus Corona atau COVID-19. Sejak Semenjak pandemi virus ini memang barang ini semakin langka dijumpai di apotek-apotek di Kota Makassar.

Padahal Hand Sanitizer sangat diperlukan untuk membunuh virus yang berasal dari Tiongkok tersebut. Hal tersebutlah yang melatar belakangi Monica membuat produk hand sanitizer dengan memanfaatkan daun mangrove.

Monica menjelaskan bahwa kandungan yang terdapat pada daun mangrove sangat bermanfaat bagi kesehatan. Utamanya mampu menjadi anti-mikroba yang mampu membunuh COVID-19.

“Ya dalam daun mangrove tersebut memiliki anti-oksida yang mampu menghambat laju pertumbuhan beberapa mikroba, termasuk virus corona,” ucapnya di Lab PTP, Selasa (17/3/2020).



Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Prodi PTP, Andi Sukainah. Ia mengatakan produk tersebut telah dilakukan penelitian yang mendalam.

“Kalau mangrove ini sudah kami teliti sejak setahun yang lalu, jadi kami sudah tahu betul bagaimana manfaatnya,” ujar Sukainah.

Lanjut, ia juga meminta kepada mahasiswa untuk turut membuat hand sanitizer. Apalagi, bahannya mudah didapat serta pembuatannnya yang gampang.

“Dan begitu mewabahnya virus corona ini, saya meminta kepada mahasiswa untuk memproduksi lebih banyak lalu kita akan bagikan kepada civitas UNM,” lanjutnya. (*)


BACA JUGA