Pasar Terong Makassar

Pasar di Makassar Diminta Gunakan Sistem Pembayaran Cashless

Minggu, 22 Maret 2020 | 23:51 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah melakukan berbagai upaya dalam menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satunya ialah penerapan sistem pembayaran cashless di semua pasar Makassar.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb meminta semua pasar untuk menggunakan sistem pembayaran tersebut. Sebab, melalui cashless, para pembeli tidak lagi melakukan kontak langsung dengan pedagang saat bertransaksi.

“Dengan sistem cashless akan mengurangi sentuhan langsung, itu akan diperbanyak segera. Kita juga sudah pasang wastafel-wastafel di pasar-pasar, alat pencuci tangan dan sebagainya,” katanya saat ditemui di Hotel Grand Sayang, Sabtu (21/03/2020).

Pihaknya pun telah memerintahkan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Raya untuk mensosialisasikan ini ke tiap pasar. Sehingga, nantinya penerapan cashless bisa segera terealisasi serta dapat mencegah virus Corona lebih cepat.



“Kita sudah intruksikan PD Pasar supaya mempercepat kepada pasar-pasar yang belum menggunakan sistem cashless,” tambahnya.

Selain upaya ini, Pemkot Makassar juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat. Termasuk area yang banyak dikunjungi warga, seperti pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi.

Ini terus dilakukan lantaran Makassar telah masuk dalam status tanggap Darurat Corona. Menyusul adanya warga yang telah dinyatakan positif Covid-19.

“Kita tentu melihat potensi-potensi penyebaran virus, antara lain potensi penyebaran di daerah-daerah di mana merupakan epicentrumnya. Kami mengadakan disinfektan, kita semprot, nah selain itu juga yang berpotensi itu di tempatnya banyak orang berkumpul,” kata Iqbal. (*)


BACA JUGA