Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Makassar, Senin (23/03/2020).

Siap Tes Massal Corona, Pemkot Makassar akan Sediakan 10 Ribu Alat Rapid Test

Selasa, 24 Maret 2020 | 13:30 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal melakukan tes massal untuk memeriksa orang yang punya gejala Corona atau Covid-19. Sebanyak 10.000 alat pemeriksaan atau rapid tes akan diperadakan.

Menyusul merebahnya pandemi Corona di Sulsel, Pemkot terus berupaya mengantisipasi virus ini. Terlebih, kota Makasar telah berstatus tanggap darurat Corona. Untuk itu, alat rapid test telah dipesan guna memeriksa semua masyarakat di Makasar.

“Saat ini kita sudah pesan 10 ribu untuk rapid test, mudah-mudah cepat datang,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat menggelar Konferensi Pers di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Senin (23/03/2020).

Alat rapid tes ini mampu memeriksa kondisi kesehatan tanpa membutuhkan waktu yang lama. Kata Iqbal, dengan alat tersebut, penyebaran virus lebih cepat ditangani. Apalagi pemeriksaan akan dilakukah secara menyeluruh bagi masyarakat di Makassar.



Dalam pemeriksaan nantinya, jika kondisi seseorang menunjukkan ada gejala namun dianggap tidak terlalu parah. Maka orang tersebut hanya diminta untuk melakukan self isolation di rumah. Sebaliknya apabila kondisinya mengkhawatirkan maka perlu diisolasi di Rumah Sakit (RS).

“Paling tidak kalau sudah rapit test dengan bersangkutan kalau kondisi tubuhnya tidak terlalu parah, bisa isolasi di rumah saja,” katanya.

Untuk pendistribusiannya sendiri, alat rapid test ini akan dibagikan ke tiap tempat pelayanan kesehatan di Makasar tak terkecuali RS. Sehingga para masyarakat yang hendak memeriksakan diri tidak lagi bingung mengenai lokasi pemeriksaan nantinya.

“Sehingga RS kami juga yang ada di Makassar bisa lakukan pemeriksaan,” lanjutnya. (*)


BACA JUGA