Pemkot Makassar Mulai Gelar Rapid Test Massal

Jumat, 03 April 2020 | 23:16 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam penanganan Corona atau Covid-19 terus dilakukan. Rapid test pun mulai digelar di sejumlah Puskesmas dan delapan Rumah Sakit (RS) Rujukan pasien Covid-19, Jumat (03/04/2020).

Pemeriksaan melalui alat rapid test ini rupanya telah digelar selama dua terakhir ini. Kegiatan tersebut dilakukan di wilayah yang dianggap rentang terjadinya penyebaran virus.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat Virtual Meeting dengan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Posko Induk Info Covid-19 Makassar, Jumat (3/4/2020).

Sebelumnya, pihaknya telah menyediakan sebanyak 1.300 alat rapid test untuk melakukan pemeriksaan massal. Alat ini pun sudah terdistribusi ke Puskesmas dan juga ke seluruh rumah sakit rujukan yang ada di Makassar.

“Sejak kemarin alatnya sudah digunakan, dan terus berlanjut hingga hari ini. Kami petakan penggunaan alat ini berdasarkan prioritas kebutuhan, seperti untuk pasien ODP dan PDP yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19, ini kita alokasikan sebanyak 700an alat rapid test, dan selebihnya untuk petugas medis di puskesmas yang selama ini melakukan kontak dengan pasien, termasuk seluruh tenaga medis yang bekerja di ICU pada delapan rumah sakit rujukan” ujar Iqbal.

Sementara itu, terkait Alat Perlindungan Diri (ADP) bagi para tenaga medis, Iqbal mengaku sudah mendatangkan sejumlah unit dan telah terdistribusi ke seluruh rumah sakit rujukan. Meski begitu, pihaknya juga masih menunggu suplai tambahan APD dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

“Kami masih menunggu suplai tambahan ADP sesuai yang telah di arahan pemerintah pusat terkait pemenuhan kebutuhan tenaga medis yang menangani pasien Covid-19,” lanjutnya.

Iqbal juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mengalokasi anggaran pembelian Rapid Test di APBD 2020 berkumlah 25 ribu unit. Sementara itu, masker sebanyak 3.500, alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis sebanyak 1.000 paket, serta Thermo Scan Infrared sebanyak 100 unit juga disediakan.

Adapun Rumah Sakit yang masuk rujukan pasien Covid-19 di Makassar yang mendapat suplai rapid test yakni RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo, RSU RS Universitas Hasanuddin, RSU Labuang Baji, RS Tingkat II Pelamonia, RS Dr Tadjuddin Chalid, RSU Sayang Rakyat, RSU Dadi, serta RSU Haji. (*)


BACA JUGA