Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI saat berbicara di hadapan para awak media di Gedung PMI Makassar, Minggu (29/03/2020).

Imbas Corona, Persediaan Trombosit di PMI Makassar Kosong

Minggu, 29 Maret 2020 | 20:56 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ketersedian stok trombosit di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Makassar rupanya saat ini menjadi masalah. Hingga kini, belum ada stok untuk komponen trombosit.

“Khusus untuk komponen trombosit itu semua kosong,” kata Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI saat ditemui di Gedung PMI Kota Makassar, Minggu (29/03/2020).

Penyebab dari kekosongan ini, kata pria yang akrab disapa Deng Ical ini, ialah karena adanya pandemi dari Corona atau Covid-19. Ia mengatakan, banyak masyarakat yang saat ini hanya berdiam diri di rumah lantaran ada larangan untuk berkegiatan di luar. Sehingga, pendonor pun ikut berkurang.

“Banyak orang yang libur, lembaga dilarang membuat acara keramaian,” terangnya.



Mengenai langkah untuk menambah stok trombosit, Deng Ical mengaku telah melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah ini. Akan tetapi, hingga kini ia terus mengupayakan agar stok trombosit bisa ada.

“Semuanyami kita lakukan, mulai dari panggil On Colta, TNI, Polri, dan semua relawan sudah kita lakukan,” akunya.

Terakhir, ia meminta agar masyakarat bisa menjadi pendonor agar stok trombosit bisa terpenuhi. Ia pun telah menyediakan berbagai fasilitas lengkap agar pendonor mau untuk mentransfusikan darahnya untuk orang yang membutuhkan.

“Makanya kita minta media untuk menyampaikan pendonor, lembaga yang menyediakan wadah jangan dibatalkan gara-gara corona. Kita sudah siapkan penyemprotan dan vitamin untuk mereka yang mau mendonor,” katanya. (*)


BACA JUGA