Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat melalukan rapat via daring bersama Gubernur Sulsel di Ruang Rapat Wali Kota Makassar, Senin (30/03/2020).

Cegah Penyebaran Corona, Pemkot Makassar Batasi Akses ke Pulau

Senin, 30 Maret 2020 | 22:59 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kini membatasi akses bagi orang yang hendak keluar masuk pulau wilayah di Makassar. Tentu saja, ini dilakukan demi mencegah penyebaran Corona atau Covid-19.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, jika pihaknya telah memperketat akses jalur masuk ke Pulau. Namun, ada pengecualian untuk distribusi logistik. Kebijakan ini pun telah mendapat persetujuan oleh Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah.

“Salah satunya terkait pengurangan mobilitas orang ke pulau, baik yang akan masuk, maupun yang akan keluar. Kita berlakukan pembatasan yang ketat, kecuali untuk distribusi logistik,” katanya saat melakukan rapat via daring bersama Nurdin Abdullah, Senin (30/03/2020).

Pembatasan akses jalur ke pulau ini bahkan telah tertuang dalam Surat Edaran yang dikeluarkan tanggal 27 Maret 2020 mengenai antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19 di kepulauan dalam wilayah Kota Makassar. Dengan nomor surat yakni 443.01/123/S.Edar/Dishub/III/2020.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan agar masyarakat tidak keluar masuk dari dan ke pulau dalam wilayah kota Makassar. Ini berlaku untuk sementara waktu sampai batas yang ditentukan.

Alat Thermal Gun pun telah tersedia untuk mendeteksi dan memantau suhu tubuh masyarakat yang keluar masuk pulau. Serta melakukan pembatasan dan penjadwalan akses keluar masuk angkutan kapal tradisional yang melayani penumpang dari dan ke pulau.

“Selain itu juga memberlakukan pengaturan angkutan distribusi barang logistik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pulau,” tambahnya.

Sekadar informasi, Makassar memilki 12 pulau, 10 diantaranya berpenghuni. Diantaranya, Lae lae, Samalona, Kodingareng Lompo, Barrang Lompo, Barrang Caddi, Bonetambung, Lumu Lumu, Langkai dan Lanjukang, pulau-pulau tersebut bagian dari Kepulauan Spermonde. (*)


BACA JUGA