Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat mencuci tangan di wastafel portable milik PDAM Makassar di Kanre Rong Karebosi, Senin (30/03/2020).

PDAM Makassar Sebar 12 Wastafel Portable Cegah Penyebaran Corona

Senin, 30 Maret 2020 | 19:25 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 12 wastafel portable telah dibuat oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar. Ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Corona atau Covid-19.

Direksi Utama (Dirut) PDAM Makassar, Hamzah Ahmad mengatakan, bahwa wastafel portable tersebut telah disebar di beberapa tempat yang kerap banyak dikunjungi masyakarat. Misalnya saja pasar dan taman.

“Sudah digunakan pada saat Minggu yang lalu portable dipasang, di tempatkan di tempat yang diperkirakan tempat umum yah banyak masyarakat seperti pasar itu sudah langsung berfungsi,” jelasnya, Senin (30/03/2020).

Mengenai adanya penambahan, ia mengatakan, pihaknya bakal terus menyediakan wastafel portable ini sebab sudah menjadi keperluan bagi masyarakat. Terlebih, masih ada tempat keramaian atau fasilitas publik yang masih membutuhkan ini selama darurat Corona.



“Yah pokoknya setiap kebutuhan masyarakat fasilitas umum akan kita bagikan,” katanya.

Pihaknya telah mengawasi wastafel portable yang telah dipasang dibeberapa titik di kota Makassar ini. Hamzah pun mengaku telah menempatkan petugasnya untuk memeriksa prasarana inu secara rutin agar tetap berfungsi secara normal.

“Jadi ada petugas kita tiap wilayah yang mengontrol,” tambahnya.

Untuk lokasi penempatannya sendiri, Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) PDAM Makassar, Muhammad Rusli menjelaskan, bahwa wastafel portable ini sendiri dipasang di tempat yang kerap banyak dikunjungi masyakarat. Meski begitu, hanya baru delapan yang terpasang. Sisanya, kata dia, masih sementara dalam proses pembuatan.

Adapun wastafel portable yang kini sudah terpasan, diantaranya, di Pasar Pa’ baeng-baeng, Pasar Terong, Pasar Butung, Pasar Pannampu, Pasar Tradisional Daya. Sementara itu selain pasar, ada di Kanre Rong Karebosi, Lapangan Hertasning dan Pelabuhan Paotere.

“Jadi sementara yang terpasang itu baru 7 unit dari 12 unit yang kita rencanakan. Selebihnya itu nanti di Pasar Maricaya, Pasar Sawah, kemudian Pasar Toddopuli, Pasar Hartaco. (*)


BACA JUGA