Ketua Gugus Tugas Covid-19, Iqbal Suhaeb saat mengimbau warga agar tidak keluar rumah untuk sementara, Jumat (03/04/2020).

Gugus Tugas Covid-19 Makassar Patroli Malam, Banyak Warga Masih Keluyuran

Sabtu, 04 April 2020 | 13:04 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makassar menggelar patroli malam, Jumat (03/04/2020). Dalam penyisirannya, pihaknya masih menemukan banyak warga yang keluyuran.

Usai adanya instruksi dari pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengenai larangan keluar rumah selama pandemi Corona, sejumlah tempat memang masih relatif terlihat ramai. Meski berbagai tempat hiburan, pusat perbelanjaan, termasuk toko-toko yang tidak menjual makanan dan obat-obatan sudah tidak peroperasi untuk sementara waktu, namun masih saja ada warga yang berkeliaran.

Hal inilah yang menjadi latar belakang bagi Gugus Tugas Covid-19 Makassar untuk berkeliling dan mengimbau lagi kepada masyarakat untuk tidak berkerumun dan segera pulang kerumah masing-masing.

Patroli malam ini dipimpin langsung oleh Ketua Gugus Tugas, Iqbal Suhaeb. Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar ini pun didampingi oleh Kapolrestabes Makassar, Yudhiawan serta Komandan Kodim 1408/BS Makassar, Andriyanto yang menjadi Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Makassar.



Sejumlah warung makan dan warung kopi yang terlihat ramai orang berkumpul disinggahi dan diminta untuk segera kembali ke rumahnya masing-masing. Iqbal mengatakan, bahwa para pengelola warung hanya bisa membuka pelayanan take away untuk sementara. Kemudian tidak ada boleh lagi ada kursi dan meja yang disiapkan pengunjung untuk tinggal berkumpul satu sama lain.

‚ÄúSemua yang sudah kita lakukan tidak akan ada gunanya jika warga masih saja keluyuran diluar seperti ini. Makanya kita minta warung makan boleh buka tapi hanya makanannya di bungkus dan dimakan di rumah bersama keluarga. Demikian juga warung-warung kopi, jangan dulu memasang kursi dan meja untuk pembeli, kopinya dibungkus dan diminum di rumah,” katanya.

Patroli malam ini berlangsung empat jam lamanya. Sejumlah personil gabungan, baik polisi, aparat TNI dan juga Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kota Makassar terlibat dalam konvoi ini. Selain itu, ada Ustadz Hery yang juga ikut berkeliling menyampaikan himbauan melalui pengeras suara meminta warga untuk segera pulang kerumah masing-masing.

Selain meminta warga pulang kerumah, tim ini juga membagikan masker kepada warga di beberapa tempat. Sejumlah pejabat Pemkot Makassar juga terlihat hadir, yakni Kasatpol PP, Imam Hud, serta Kabag Kesra, Aswis Badwi. Kegiatan patroli malam juga dilakukan secara bersamaan di seluruh kecamatan di Makassar dengan melibatkan aparat kecamatan, polsek dan koramil. (*)


BACA JUGA