FOTO: Dekan FTI UMI, Zakir Sabara saat memperkenalkan APD Face Shield/Sabtu, 4 April 2020/Agung Eka/GOSULSEL.COM

APD Face Shield, Produk Baru Buatan Mahasiswa FTI UMI

Minggu, 05 April 2020 | 07:43 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) terus berupaya dalam menangani pandemi Corona atau Covid-19. Pihaknya kini kembali membuat inovasi baru.

Mahasiswa FTI UMI baru-baru ini berhasil menciptakan komponen Alat Pelindung Diri (APD) menggunakan teknologi print 3 Dimensi. Alat ini merupakan face shield sebagai pelindung untuk menangkal virus Corona.

Dekan FTI UMI, Zakir Sabar mengatakan, bahwa mahasiswanya telah memproduksi APD Face Shield. Produksi alat ini pun sementara berjalan di tiga Laboratorium Teknik Industri FTI UMI Makassar. 

“Alhamdulilah hari ini telah jadi 25 unit dengan dua model berbeda,” ungkap Zakir, Sabtu (4/4/2020).



Sementara itu, mahasiswa dari Teknik Kimia, juga masih terus produksi Cairan Disinfektan. Dimana bahan utamanya ialah alkohol 70% dan asam asetat. Serta juga kembali membuat Hand Sanitizer dengan bahan utama Alkohol 70% dan Gel Aloe Vera

Lebih lanjut, Zakir menuturkan, mereka dibantu oleh tim relawan lainnya dari Prodi Teknik Pertambangan. Setiap harinya melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan pembagian hand sanitizer dan APD lainnya. 

Zakir pun berharap, upayanya tersebut bisa bermanfaat untuk dokter dan tenaga medis. Sebab, mereka terus berjuang di garda terdepan di berbagai Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas. 

“Terus bergerak dan berjuang anak mudaku, insyaAllah bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” ucapnya. (*)


BACA JUGA