FOTO: Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh Pemdes bekerjasama dengan Karang Taruna dan Babinsa di Desa Barugae, Bulukumba/Sabtu, 4 April 2020/Khaerul Fadli/GOSULSEL.COM
#

Pemdes Kambuno, Karang Taruna dan Babinsa Gelar Penyemprotan Disinfektan

Minggu, 05 April 2020 | 08:17 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Khaerul Fadli - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Desa Kambuno bekerjasama dengan Karang Taruna dan Babinsa menggelar penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan rumah warga.

Penyemprotan ini dilakukan secara gotong royong. Mereka melibatkan warga untuk ikut bergabung, Sabtu (5/4/2020).

Kepala Desa Kambuno, Syahrulla mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 atau lebih dikenal dengan virus corona.

“Kita mengajak warga untuk ikut terlibat. Untuk memutus rantai penyabaran Covid-19 ini kita sadari, bahwa harus diselesaikan bersama dengan penuh kesadaran diri,” kata Syahrullah.



Sementara itu, Ketua Karang Taruna Masagena Desa Kambuno, Muhajirin mengimbau kepada warga untuk tetap tinggal di rumah jika tak ada keperluan mendesak.

“Dengan begitu, Insya Allah Corona Virus ini akan segera berlalu. Yang penting, kita sabar dulu untuk tetap tinggal di rumah,” ungkapnya.

Babinsa Syamsuddin yang turut hadir menuturkan, bahwa penyemprotan disinfektan penting dilakukan, khususnya pada benda-benda yang sering dipegang.

“Penting juga bagi kita mengetahui, bahwa penularan virus ini melalui droplet atau percikan cairan tubuh. Tapi bisa tertular lewat media, misalnya ada droplet di tangan, kemudian kita pegang media berupa benda, lalu media itu dipegang lagi oleh orang lain, itu juga salah satu bentuk penularan,” ungkapnya.

Olehnya, dia mengimbau kepada warga untuk rajin cuci tangan. Sebab lewat tanganlah rentan penularan terjadi.

“Jangan sentuh bagian mata, mulut, telinga dan mulut sebelum memastikan tangan benar-benar bersih,” tandasnya.(*)


BACA JUGA