Masker (sumber foto: internet)

Jokowi Wajibkan Warga Pakai Masker, Pemkot Makassar Siap Produksi Massal

Senin, 06 April 2020 | 13:37 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah pusat memutuskan agar semua warga memakai masker per tanggal 5 April 2020. Hal tersebut pun juga telah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Jokowi Widodo.

Merespon imbauan pemerintah ini, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengaku, jika pihaknya akan memproduksi makser dalam jumlah yang banyak. Ini dilakukan untuk memastikan agar semua warga bisa kebagian.

Untuk kegiatan produksinya sendiri, kata Iqbal, nantinya akan diberdayakan ibu-ibu rumah tangga agar bisa memproduksi masker secara massal. Olehnya, ia bakal mengintruksikan pihak RT dan RW untuk langsung meminta warga untuk berkontribusi.

“Nah ini kita sudah arahkan, kita berdayakan semua. Supaya difungsikan ibu-ibu, kelompok masyarakat di RT dan RW untuk membuat,” ujarnya saat ditemui, Minggu (05/04/2020).



Mengenai jenis maskenya, ia menjelaskan, jika akan membuat masker dengan berbahan kain. Masker kain sendiri dianggap lebih praktis untuk digunakan sebab penggunaannya yang tidak sekali pakai. Melainkan, warga juga bisa memakainya berkali-kali.

“Masker apa saja kan bisa dipakai, tadi ada teman disuruh bikin dari kain, jadi tidak harus jadi, lebih bagus masker kain yang dibikin karena bisa dicuci,” lanjutnya.

Beberapa daerah telah mengimbau para warganya untuk selalu menggunakan ketika hendak beraktifitas. Bahkan, tak sedikit daerah seperti Kabupaten Banyumas yang memberikan sanksi tegas bagi warga yang mengindahkan instruksi ini.

Mengenai hal tersebut, Iqbal pun akan menyerahkan persoalan ini kepada pihak RT dan RW nantinya. Kata dia, merekalah yang nanti akan menindak lanjuti terkait warga yang tidak memakai masker.

“Secara sanksi, makanya kita minta melalui ibu-ibu, bisa menegur bisa memarahi,” akunya. (*)


BACA JUGA