Kapolrestabes Makassar, Yudhiawan Wibisono saat memberikan arahan terhadap anggotanya di Pelataran Polrestabes Makassar, Sabtu (17/4/2020) malam

Jelang Puasa, Polrestabes Makassar Waspadai Balapan Liar

Minggu, 19 April 2020 | 17:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar bakal mengantispasi kegiatan balapan liar yang kerap berlangsung selama bulan Ramadhan. Diketahui, puasa akan berlangsung pada 24 April nanti.

Olehnya, Kapolrestabes Makassar, Yudhiawan Wibisono mengatakan bahwa pihaknya tengah bersiap menghadapi aksi ilegal ini. Pasalnya, warga sangat diresahkan dan hampir tiap tahun ini berlangsung di bulan Ramadan. 

Apalagi, kata dia, situasi kota Makasar sedang dalam darurat Covid-19. Oknum yang melakukan balapan liar dikhawatirkan mereka terpapar virus ini saat berkumpul dengan sesamanya dalam kegiatan ilegal tersebut. 

“Yah kita sudah antisipasi, memang tidak boleh balapan liar ini, apalagi situasi saat ini sedang ada penyebaran Covid-19, kalau tidak di antisipasi mereka akan juga tertular,” jelasnya saat ditemui di Pelataran Polrestabes Makassar, Sabtu (18/4/2020) malam. 



Adapun sanksi yang diberikan, Yudhi mengatakan, tetap sama seperti tahun lalu. Hukumannya ialah menahan motor mereka selama tiga bulan. Lalu mereka dihadapkan dalam proses persidangan.

“Kita tetap dengan aturan yang ada, yah kita tangkap kendaraannya, kita sidang,” ujarnya.

Balapan motor ilegal ini selalu menjadi masalah di Kota Makassar ketika bulan puasa. Balapan liar tersebut biasanya dilakukan di saat waktu Sahur.(*)


BACA JUGA