Kadinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di Gedung Balai Mutiara, Kamis (2/4/2020)

Dinkes Makassar: Masyarakat Usia 41-50 Tahun Terbanyak Kena Corona

Rabu, 22 April 2020 | 16:12 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar melaporkan, rentang usia yang terbanyak terkena virus Corona atau Covid-19. Ialah usia 41 hingga 50 tahun yang rupanya banyak terpapar.

Hal tersebut juga merujuk pada data dari gugus tugas Covid-19 Kota Makassar, Rabu (22/04/2020). Kepala Dinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, bahwa usia tersebut merupakan usia produktif.

Dimana orang yang berada di usia tersebut sering beraktivitas atau keluar rumah. Ini pun bisa menyebabkan mereka rawan terpapar sebab merebaknya penyebaran Corona di luar rumah.

“Aktivitasnya, kan mereka lebih banyak di luar. Mereka di luar bukan untuk jalan-jalan, tetapi untuk bekerja,” ujarnya.



Naisyah pun membeberkan, semakin tinggi umur pasien maka tinggi pula angka kematian. Dari data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makassar, sebanyak 3 orang dengan usia 80 tahun dinyatakan positif Covid-19. Ketiganya pun diketahui telah meninggal.

“Bayangkan itu angka kematian usia 80 tahun mencapai 100 persen,” kata Naisyah.

Terakhir, ia mengatakan, faktor usia sangat memengaruhi kematian pasien di usia 80 tahun tersebut. Pasalnya, daya tahan tubuh mereka semakin menurun. Sehingga, mereka rawan terkena penyakit.

“Kalau umur sudah tua, sudah banyak juga penyakit lain selain positif Covid-19, seperti diabetes, demam berdarah, hipertensi,” jelasnya. (*)


BACA JUGA