Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat ditemui di Posko Covid-19 Makassar, Senin (13/04/2020).

PSBB Berlaku, Iqbal Suhaeb Klaim Peningkatan Kasus Corona Turun di Makassar

Kamis, 30 April 2020 | 21:51 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyebut peningkatan kasus Corona telah menurun sejak adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Peningkatan pun hanya mencapai 1 persen.

Selama penerapan PSBB, kata dia, telah ada kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam menaati aturan tersebut. Padahal, sebelum PSBB, peningkatan kasus positif mencapai 2,5 persen.

“Dari data yang ada tingkat perkembangan sebelum selama PSBB itu cukup menurun. Sebelum PSBB peningkatannya sekitar 2,5% dari data kami pada waktu PSBB hanya sisa 1% peningkatannya. Jadi cukup menurun,” katanya, Kamis (30/4).



Lanjut, Mantan Kasatpol PP Sulsel ini optimis bahwa masyakarat bisa menaati aturan ini hingga selesai PSBB. Ada 90 persen, kata dia, masyakarat yang telah menaati kebajikan tersebut.
.
“Saya melihat 90% yang mengikuti aturan” ujarnya.

Ini juga terlihat dari aktivitas warga yang menurun. Serta imbauan pemerintah tentang PSBB agar tidak melakukan hal yang tidak penting, melakukan physical distancing hingga melakukan kegiatan ibadah di rumah.

Terakhir, Iqbal mengatakan, bahwa penerapan PSBB dipastikan akan terus berjalan. Pengawasan terhadap aturan yang ada pun bakal terus dilakukan.

“Aturan selama PSBB kita akan tegakkan. Sejauh ini kita tidak boleh lengah, kita terus menegakkan aturan ini secara tegak, sebab kita tidak mau. Kita harus tetap lanjut ke tahapan ini,” ucapnya. (*)


BACA JUGA