Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat mendengar penjelasan dari Kadinkes Makassar, Naisyah Tun Azkin. Ada juga Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, dan Kepala BPBD Makassar, Muh Rusli di Posko Covid-19 Makassar, Sabtu (02/05/2020).

Ikut Evaluasi PSBB Kota Makassar, Ini Kata Gubernur Sulsel

Sabtu, 02 Mei 2020 | 22:58 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah berkunjung ke Posko Covid-19 Makassar, Sabtu (02/05/2020). Dalam lawatannya, ia langsung membahas terkait evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Makassar.

Evaluasi PSBB ini dibicarakan bersama Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. Ada juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Naisyah Tun Azikin dan Kepala BPBD Makassar, Muhammad Rusli.

pt-vale-indonesia

Ketika ditanya soal ini, Nurdin menyebut bahwa sebelum berakhirnya PSBB, upaya menekan kasus Corona mesti digenjot lagi. Menurutnya, waktu yang tersisa digunakan semaksimal mungkin untuk mendisiplinkan warga.

“Kita masih ada sisa waktu untuk mendorong kedisiplinan masyarakat kita agar semakin banyak yang tinggal di rumah, mobilitas semakin dikurangi. Yang kita butuhkan itu kepatuhan masyarakat kita, semua harus patuh protokol kesehatan, tangan harus selalu bersih, jaga sosial distancing dan memperbaiki gizi,” ujarnya.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini juga menekankan pentingnya kejujuran dari warga. Terkhusus yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien yang positif Covid-19 agar bersedia melakukan isolasi mandiri selama empat belas hari. Nurdin turut menjelaskan tentang penyaluran sembako di Kota Makassar selama PSBB berlangsung.

“Insha Allah sembako aman, tinggal tunggu saja, karena memang tidak langsung selesai karena dibagi dari rumah ke rumah agar tidak terjadi pengumpulan orang. Pemkot Makassar sudah memiliki mekanisme yang saat ini sedang berjalan, jadi ini bertahap sesuai wilayah. Warga yang belum dapat dimohon untuk bersabar. Jika ada yang tidak masuk dalam daftar juga sudah kita siapkan,” lanjutnya.

Sementara itu, PJ Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menjelaskan bahwa pihaknya semakin mempertegas penegakan aturan PSBB di lapangan. Ini demi mengurangi mobilitas warta di ruang publik.

“Sesuai arahan Pak Gubernur agar PSBB kita ini terus dioptimalkan supaya tidak ada lagi perpanjangan. Insha Allah jika kita mematuhi seluruh aturan PSBB, kita optimis mampu melewati ini lebih cepat, jadi mohon jangan dulu berkeliaran di luar” ujar Iqbal.

Sementara itu, terkait penyaluran sembako, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar hari ini telah menyalurkan 814 paket sembako. Dimana disalurkan di Kecamatan Sangkarrang. (*)


BACA JUGA