Humas IDI Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin

Harapan IDI Makassar, Masyarakat Laksanakan Salat Idul Fitri di Rumah

Kamis, 21 Mei 2020 | 09:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Menjelang lebaran, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar punya satu harapan. Ialah pihaknya berharap agar masyarakat menggelar salat Idul Fitri 1441 Hijiriah di rumah.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Humas IDI Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin. Kata dia, Makassar telah masuk dalam situasi darurat Corona atau Covid-19.

Dimana, penyebaran virus ini semakin meluas. Terlebih, Makassar sendiri sudah menjadi salah satu episentrum penyebaran Corona di Indonesia. Ini setelah jumlah kasus yang terus meningkat.

“Yah sebenarnya kami tetap bersikukuh bahwa salat di rumah saja. Itu kan MUI dan NU sudah mengeluarkan fatwa bahwa salat di rumah saja,” katanya. 



Wachyudi mengatakan, apa yang menjadi imbauan pemerintah, tidak serta merta diumumkan tanpa ada perimbangan. Ini dilakukan untuk mencegah adanya transimisi lokal saat salat di lapangan atau di masjid.
 
“Kenapa karena kita tidak mau ada penyebaran di masjid harapan kami yang tetap salat Idul Fitri di rumah,” kata Lulusan Pendidikan Dokter UMI ini.

Untuk diketahui, sebelumnya, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf juga mengeluarkan imbauan kepada masyarakat. Agar pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijiriah dilakukan secara berjamaah di rumah masing-masing. 

“Kami tetap menyampaikan bahwa imbauan pemerintah agar melaksanakan salat idul fitri di rumah masing-masing,” ujarnya.(*)


BACA JUGA