Pengawasan kendaraan roda dua dan empat yang memasuki perbatasan Kota Makassar di Jl Sultan Alauddin, Jumat (24/4/2020)/Erick Didu/Gosulsel

Hemat Anggaran, Uang Transport Petugas Gugus Tugas Covid-19 Makassar Dipangkas

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 19:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Petugas Gugus Tugas Covid-19 Kota Makassar harus gigit jari. Pemkot melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar memutuskan untuk mengurangi uang transport mereka.

Dulu, setiap piket atau bertugas, mereka mendapat sebesar Rp70.000. Namun kini, uang transport yang didapat ialah Rp30.000 tiap harinya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPBD Kota Makassar, Muhammad Rusli. Ia menyebut pemangkasan uang transport merupakan hasil keputusan rapat Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). 

“Jumlah honornya, transporasi bukan Rp75.000 hanya Rp30.000 sesuai rapat BPKAD karena kita sesuaikan, itu hanya yang lalu ji Rp75.000 di PSBB,” terangnya, Sabtu (1/8/2020).



Dikonfirmasi, Plt Kepala BPKAD Kota Makassar, Rahmat Mappatoba membenarkan hal tersebut. Menurutnya, perlu ada penghematan anggaran di masa pandemi Covid-19 ini.

“Karena kita kan memang ini efisiensi keuangan daerah, jangan sampai kita jor-joran ini, tiba-tiba kita telah habis ini. Kita tidak tahu ini kapan berakhir Covid-19,” jelasnya.  

Ditanya mengenai total anggaran untuk uang transport petugas, ia mengaku kurang mengetahui soal itu. Dikatakan Rahmat, untuk rincian jumlah anggaran hanya diketahui oleh pihak BPBD Makassar.

“Saya tidak hafal, BPBD yang sampaikan karena BPBD yang mengajukan,” ujarnya.(*)


BACA JUGA