Dosen UMI menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Internal di SMK Techno Terapan Makassar

Dosen UMI Selenggarakan Program Pengabdian Masyarakat di SMK Techno Terapan Makassar

Rabu, 05 Agustus 2020 | 22:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Internal yang didanai oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) bekerjasama dengan SMK Techno Terapan Makassar sukses diselenggarakan oleh Tim Dosen Pengabdian yang diketuai Ir. Emi Prasetyawati Umar, S.Si., M.T., IPP.

Program pengabdian ini mengusung tema “Pelatihan Penggunaan Metode Geolistrik Resistivitas dalam Mengidentifikasi Kondisi Bawah Permukaan Bumi Bagi Siswa SMK Techno Terapan Makassar”.

Ketua Tim Pengabdi dan Anggota tim yaitu Ir. Alfian Nawir, S.Si., M.T., IPP. bertugas memberikan materi dan pengenalan alat serta praktek penggunaan metode geolistrik resistivitas kepada siswa. Selain itu, mereka juga melakukan sharing session terkait penggunaan alat geolistrik bersama guru pendamping siswa jurusan teknik geologi pertambangan.

Kegiatan pengabdian ini berlangsung pada hari Rabu tanggal 5 Agustus 2020 mulai dari pukul 09.00 WITA hingga usai. Acara dibuka resmi oleh Muhammad Adam Marnas, S.T., M.T. selaku Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Geologi Pertambangan (Ketua Kompetensi TGP) mewakili Kepala Sekolah SMK Techno Terapan Makassar Sudirman Kadir, S.Pd., M.M. yang berhalangan hadir dalam kegiatan pengabdian tersebut.



Rangkaian acara berlangsung secara virtual dan secara langsung dengan membatasi peserta mengingat pandemi covid 19. Kegiatan yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meliputi pemberian materi mengenai Gambaran umum metode eksplorasi geofisika dan metode geolistrik resistivitas (prinsip-prinsip dasar geolistrik resistivitas), observasi lapangan daerah yang akan dijadikan lokasi pengukuran geolistrik, cara akuisisi atau pengambilan dan pengolahan data geolistrik resistivitas serta teknik interpretasi data.

Kegiatan yang dilakukan secara langsung di SMK Techno Terapan dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan pencegahan Covid-19 yaitu dengan memperkenalkan alat geolistrik dan fungsi peralatan serta penggunaan alat geolistrik. Siswa yang hadir di lokasi pengabdian dalam kegiatan ini dapat langsung mempraktekkan penggunaan alat geolistrik yang disertai live zoom agar dapat disaksikan juga oleh peserta pelatihan virtual.

Pelatihan ini sangat bermanfaat guna membekali para siswa tentang pengetahuan eksplorasi geofisika dan secara khusus metode geolistrik resistivitas serta kompetensi eksplorasi sumber daya bumi menggunakan metode eksplorasi geofisika dalam mengidentifikasi sumberdaya mineral dan batubara, air tanah, minyak dan gas bumi maupun panasbumi.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 40 orang. Ketua Tim Pengabdian yang akrab disapa dengan Ibu Emi, menyampaikan bahwa, “Siswa yang mengikuti secara langsung pelatihan ini diharapkan menjadi agen dalam transferring knowledge mengenai penggunaan alat kepada seluruh siswa SMK Techno Terapan Makassar yang tidak bisa hadir secara langsung di saat pandemi berlalu kelak,” tuturnya.

Di sela-sela penutupan acara kegiatan, Ketua TGP SMK Techno Terapan Makassar Bapak Adam Marnas juga menuturkan bahwa, “Kami ketua kompetensi TGP mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya karena meskipun suasana tidak kondusif karena pandemi Covid-19, tetapi bapak dan ibu dosen UMI masih dapat meluangkan waktu untuk mencurahkan dan membagi ilmu kepada taruna taruni teknik geologi pertambangan secara virtual dan semoga di masa datang kami dapat lagi pelatihan alat geologi pertambangan seperti total stasion, theodolit, dll,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA