UI bermitra dengan UMI melakukan pengabdian masyarakat di Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, Senin (14/12/2020)

UI Gandeng UMI Lakukan Pengabdian Masyarakat di Takalar

Senin, 14 Desember 2020 | 18:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

TAKALAR, GOSULSEL.COM — Universitas Indonesia (UI) Jakarta menggandeng Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan pengabdian tersebut mengangkat tema Pelatihan Kader Kesehatan Posyandu Tentang Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Khususnya pada Ibu Hamil dan berlangsung di Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, Senin (14/12/2020). 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Camat Sanrobone sekaligus sebagai Plt Kepala Desa Tonasa, Kepala Dusun se-Desa Tonasa, tokoh masyarakat, kader  posyandu Desa Tonasa, Kepala Puskemas dan dokter gigi Puskesmas Sanrobone serta bidan Desa Sanrobone.  

Kegiatan yang dihadiri oleh Rektor UMI yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua LPkM UMI Prof. Dr. Achmad Gani,SE.MSi, secara virtual menyampaikan rasa terima kasih kepada Prof Armasastra dan yang lainya karena telah mempercayakan UMI sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Indonesia. 

Lebih lanjut Prof. Gani menuturkan bahwa Desa Tonasa dipilih menjadi lokasi pengabdian masyarakat karena merupakan salah satu desa binaan yayasan wakaf UMI yang ada di Kabupaten Takalar.

Kegiatan ini difasilitasi dan dibiayai oleh Universitas Indonesia Jakarta. Fakultas Kedokteran Gigi bermitra dengan Universitas Muslim Indonesia melalui Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) UMI, dan dilaksanakan oleh  Prof. drg. Armasastra Bahar, Ph.D, Prof. drg. Anton Rahardjo, MKM., Ph.D dan Prof. drg. Risqa Rina Darwita, Ph.D, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia Jakarta. 

Prof. Arma menyampaikan materi tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut khususnya pada ibu hamil dilanjutkan sesi tanya jawab oleh Prof. Arma, Prof. Anton, dan Prof Risqa dengan Kader Posyandu Desa Sanrobone. 

Adapun pelaksana teknis yang berada dilapangan dari Universitas Muslim Indonesia yaitu Nurfardiansyah Burhanuddin, SKM., M.Kes, Andi Muh. Iksan, ST., M.Si dan diikuti oleh 3 orang mahasiswa.

Sementara itu, Camat Sanrobone yang  juga Plt Kepala Desa Tonasa, H. Edi Badang,S.Sos,M.Si mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara daring dan luring. 

“Kami menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang mana UI bermitra dengan UMI. Bisa dilihat dari antusiasme masyarakat yang hadir, apalagi kegiatan baru pertama kali kami dapatkan materinya. Selain itu, mereka juga berharap masih adanya keberlangsungan kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kader Posyandu, Halifa mengatakan, “Harapan kami, semoga kegiatan seperti ini bisa berlanjut secara continue.”

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan games yang dipandu oleh Prof Risqa secara daring dan dibantu oleh Nurfardiansyah Burhanuddin, SKM., M.Kes dan Andi Muh. Iksan, ST., M.Si yang berada di lapangan. Sebagai penutup dari kegiatan pelatihan hari ini yaitu dilakukan pengisian kuesioner sebagai bentuk evaluasi dari materi yang telah disampaikan.(*)


BACA JUGA