Penemuan mayat bayi di tepi ruas jalan Poros Pattallassang, Dusun Sailong, Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang, Gowa, Rabu (26/8/2020)

Mayat Bayi Dibungkus dalam Tas, Lalu Dibuang di Tepi Jalan

Rabu, 26 Agustus 2020 | 22:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Mayat bayi kembali bikin geger warga. Kali ini, mayat bayi itu ditemukan di tepi ruas jalan Poros Pattallassang, Dusun Sailong, Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang, Gowa, Rabu (26/8/2020).

Saat ditemukan, mayat bayi tersebut terbungkus dalam sebuah tas. Rahmatia, saksi mata di lokasi kejadian menuturkan, mayat bayi itu pertama kali ditemukan oleh sopir bernama Ismail Saleh (29).

Saat itu, warga Dusun Allu, Desa Tamatto, Kecamatan Ujungloe, Bulukumba itu singgah buang air kecil. Ismail curiga melihat sebuah tas tergeletak di pinggir jalan. 

Tas tersebut kemudian dia buka. Ismail pun langsung kaget, setelah melihat isi tas ternyata berisi tubuh manusia. Tanpa pikir lagi, Ismail pun langsung memberitahukan temuannya itu ke warga sekitar. 



“Orang pertama lihat ada mayat bayi di dalam tas itu sopir. Katanya singgah kencing. Kemudian memberitahukannya ke saya,” tutur Rahmatia.

Temuan bayi itu pun menjadi heboh. Lokasi tempat ditemukan mayat bayi tersebut langsung ramai oleh warga. Arus kendaraan di Poros Pattallassang yang awalnya lancar pun menjadi macet. Banyak pengendara singgah menyaksikan kondisi mayat bayi tersebut. 

Terkait temuan mayat bayi itu, sudah dalam penanganan aparat kepolisian. Hasil identifikasi TKP, diduga bayi itu sengaja dibunuh lalu dibuang di tepi jalan. 

Bidan Desa Sunggumanai, Yospitatetti yang turun membantu polisi melakukan identifikasi menyebutkan, mayat bayi itu berjenis kelamin perempuan. 

Jika melihat kondisinya, bayi itu lahir normal. Ari-arinya juga lengkap. Diperkirakan, bayi itu telah meninggal kemudian dibuang di pinggir jalan Poros Pattallassang.

“Kemungkinan besar bayi itu lahir dari rumah orang tua korban. Sebab andaikan masih hidup lalu dibuang jelas ada orang lewat mendengar suara tangisnya itu bayi. Apalagi rumah warga dari lokasi bayi ditemukan hanya 20 meter,” bebernya.

Kanit Reskrim Polsek Bontomarannu, Ipda Najid Haryanto saat dikonfirmasi mengatakan, pelaku dan motif terkait penemuan mayat bayi sementara diselidiki.

“Polisi belum bisa disimpulkan motifnya. Sementara lidik,” ujar Ipda Najid didampingi Kassub Sektor Pattallassang, Iptu Abd Rasyid.

Sejumlah barang bukti yang ada di lokasi mayat bayi tersebut ditemukan, kata dia semuanya sudah diamankan. Seperti tas, dan sebuah baju daster berlumuran darah. Sedangkan mayat bayi dibawa ke RS Bhayangkara Makassar untuk diautopsi.(*)


BACA JUGA