Gelar Uji Publik DPS, KPUD Maros Minta Masyarakat Beri Tanggapan

Senin, 28 September 2020 | 23:28 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Maros, gelar uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) di aula KPUD Maros, Senin (28/09/2020). Hal itu dilakukan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 19 tahun 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 30 peserta perwakilan lembaga yang terdiri dari instansi pemerintahan, OKP, KNPI, NU, Muhammadiyah, sekolah politik Maros dan tim paslon serta menghadirkan akademisi A. Nur Imran sebagai narasumber. 

pt-vale-indonesia

A. Nur Imran dalam pemaparan materinya mengatakan keterlibatan mayarakat dalam penyusunan daftar pemilih sangat berpengaruh besar pada hasil daftar pemilih yang akan di tetapkan menjadi DPT.

Sehingga, data pemilih yang di hasilkan menjadi lebih baik, akurat, bersih, akuntabel dan dapat di terima semua pihak.

“Dengan ini memberikan ruang yang sebesar-besarnya kepada masyarakat untuk melakukan koreksi. Uji publik ini juga akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan masyarakat terhadap data yang disajikan oleh penyelenggara,” ujar Nur Imran, yang juga merupakan mantan ketua KPUD Maros. 

Sementara itu, Komisioner KPUD Maros divisi program dan data Meilany, berharap pada Pilkada 9 Desember 2020 akan datang, partisipasi pemilih bisa meningkat. 

“Segala upaya kita lakukan mulai dari sosialisasi yang telah dilakukan dibeberapa tempat dimana tujuannya adalah agar masyarakat aktif mengecek dirinya apakah sudah terdaftar dalam DPS atau belum. Termasuk pada momen car free day kemarin dan para relawan demokrasi yang bergerak di 14 Kecamatan,” katanya. 

Selain itu lanjut Melany, KPU juga membuka posko layanan lindungi hak pilih di 103 Desa/kelurahan.

“Sejak tanggal 19 kita buka posko layanan lindungi hak pilih di 103 Desa/kelurahan, di posko inilah masyarakat bisa melaporkan atau memasukan tanggapan jika ada kekeliruan penginputan data atau ada yang belum terdaftar di DPS, juga bisa dicek dan mendaftar langsung melalui link kpu Maros yakni di cekpemilih.kab-maros.kpu.go.id,” lanjut Melany. 

Diketahui jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada 2015 lalu yakni 60 persen, Pileg dan Pilpres sebanyak 83 persen.

“kita target partisipasi pemilih pada Pilkada nanti mencapai 77,5 persen,” tutupnya.(*)


BACA JUGA