Humas IDI Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin

IDI Makassar Apresiasi Pemkot Lakukan Tes Swab Massal di Enam Kecamatan

Sabtu, 29 Agustus 2020 | 08:42 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar mengapresiasi upaya Pemkot Makassar. Ini setelah ada kabar bahwa bakal dilakukan tes atau pemeriksaan swab massal di enam kecamatan.

Menurut Humas IDI Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin, apa yang dilakukan oleh Pemkot sudah tepat. Sebab, tes swab merupakan cara yang cepat dan efektif dalam melihat diagnosa Covid-19.

“Ini yang benar, harus di massifkan swab,” katanya saat dihubungi, Jumat (28/8/2020).

Ketimbang rapid test, pria yang akrab disapa Dokter Koboi ini mengatakan, jika pemeriksaan swab juga telah memenuhi penerapan 3T. Ialah Testing (Pemeriksaan), Tracing (Pelacakan), dan Treatment (Perawatan).



“Perlu testing, tracing, dan treatment,” kata Alumnus Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini. 

Pemkot sendiri akan melakukan tes ini di enam kecamatan yang dinilai sebagai daerah episentrum. Diantaranya, Rappocini, Biringkanaya, Panakkukang, Tamalate, Manggala, dan Tamalanrea.

Dokter Koboi menyebut hal itu tidak menjadi persoalan apabila Pemkot hanya melakukan tes di enam kecamatan. Ia justru mendukung langkah pemeriksaan melalui swab akhirnya akan digenjot.

“Tidak apa asal ada upaya dari pada tidak sama sekali. IDI Makassar memberi apresiasi akan apa yang dilakukan oleh Pemkot Makassar,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA