YPN menggelar pelatihan daur ulang sampah kain bekas menjadi pot bunga.

Urai Sampah Tekstil, YPN Sulap Kain Bekas Jadi Pot Bunga

Jumat, 11 September 2020 | 13:02 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ada hal kreatif yang dilakukan oleh Yayasan Peduli Negeri (YPN) di Kota Makassar. Sampah tekstil yang kerap kali merusak lingkungan kini dijadikan sesuatu yang berguna.

Salah satunya ialah kain bekas. YPN berinsiatif untuk mendaur ulang sampah tekstil ini menjadi pot bunga. Pelatihan pun digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Asisten Manager Program Lingkungan YPN, Viana Pramuga Sari menjelaskan jika untuk mendaur ulang kain bekas menjadi pot bunga tidaklah sulit. Bahan yang didapat pun cukup mudah didapat.

“Bahan yang di gunakan sangat mudah di dapat seperti semen, gunting, kain perca, baskom, ember cetakan, rak telur, kantong kresek bekas, kuas dan air,” jelasnya, Kamis (10/09/2020).



Ia juga menambahkan bahwa peserta yang ikut merupakan Direktur Bank Sampah Kota Makassar. Alasannya, agar mereka bisa lebih paham soal daur ulang untuk mengurai sampah.

“25 dari Kecamatan Biringkanaya, Rappocini, Panakkukang, Ujung Pandang, Tamalanrea, Tallo, dan Manggala,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua YPN, Saharuddin Ridwan mengungkapkan, pemanfaatan kain bekas tersebut bisa mengurangi volume sampah di TPA. Olehnya, Direktur Bank Sampah mesti mengetahui hal ini.

“Sehingga kami memberikan pelatihan daur ulang (reduce) agar memiliki nilai guna dan ekonomi di rumah tangga masing-masing,” tutupnya. (*)


BACA JUGA