Ketua IDI Kota Makassar, dr Siswanto Wahab/Int

IDI Makassar Ingatkan Masyarakat Tak Anggap Remeh Covid-19

Jumat, 01 Januari 2021 | 18:29 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar mengingatkan masyakarat untuk sadar terhadap bahaya Covid-19. Mereka diminta untuk tidak menganggap sebelah mata.

Ketua IDI Makassar, dr Siswanto Wahab menyampaikan hal ini setelah melihat kasusnya yang kian meningkat. Apalagi, sudah ada sembilan dokter yang tutup usia karena terpapar Covid-19.

“Bisa menyadarkan masyarakat Makassar bahwa jangan anggap remeh Covid-19 yang saat ini tingkat penyebarannya lebih masif,” kata Siswanto, Jumat (01/01/2021).

Ia juga meminta agar masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) selama beraktivitas. Pemerintah turut diminta untuk kembali memperketat pengawasan di sejumlah tempat.



“IDI Kota Makassar mengimbau agar tetap waspada serta disiplin pakai masker, jaga jarak, cuci tangan sebab Makassar masuk zona merah,” jelasnya. 

“Kebijakan pelonggaran aktifitas bisnis, kantor, sosial dan pendidikan perlu di ketatkan kembali. Saat ini tingkat penularan kembali melonjak dan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan juga semakin banyak,” sambung Siswanto.

Saat ini, pihaknya mendapati jika ruang isolasi sudah hampir dipenuhi oleh pasien Covid-19. Kondisi ini hampir terjadi di seluruh RS rujukan. Sehingga, prokes menjadi hal yang paling penting untuk terus diterapkan saat ini.

”Okupansi ruang isolasi di Makassar sudah di atas 85 persen dan ICU di atas 80 persen. Daerah-daerah lain juga sama saja, pasien terus bertambah ”penularannya tinggi,” tutup Siswanto. (*)


BACA JUGA