Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat memaparkan Makassar Recover di DP Hall Kediaman Danny Pomanto, Jumat (05/03/2021)

Makassar Recover, Pelaku Usaha Bisa Dapat Bantuan Dana Asal Patuh Prokes

Sabtu, 06 Maret 2021 | 17:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar di bawah kepemimpinan Danny-Fatma resmi meluncurkan program Makassar Recover. Pencanangan berlangsung di DP Hall Kediaman Danny Pomanto, Jumat (05/03/2021).

Dalam paparannya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyampaikan, program ini memungkinkan masyakarat bisa kembali beraktifitas sedia kala. Protokol kesehatan (Prokes) menjadi kunci utama.

pt-vale-indonesia

Selama beraktivitas, masyakarat akan dipantau oleh tiap pihak kecamatan masing-masing wilayahnya. Melalui aplikasi Sombere’ and Smart City yang sudah didaftarkan, mereka akan diawasi.

Aplikasi ini telah disematkan fitur Indeks Kepatuhan Protokol Kesehatan (IKPK). Di mana masyakarat harus mematuhi prokes dan dinilai secara berkala. Penilaiannya bertingkat, ada platinum hingga gold.

Terkhusus masyarakat yang merupakan pelaku usaha, mereka yang memperoleh IKPK platinum bisa dapat modal usaha dari Pemkot Makassar. Bahkan, warung kecil di lorong sekalipun bisa diberikan.

“Kita siapkan insentif modal usaha, warung warung kecil di lorong maka mereka harus mencapai indeks kepatuhan yang tinggi,” kata Danny.

Danny menyebut bahwa Makassar Recover merupakan upayanya untuk pemulihan ekonomi. Dan dilakukan berbarengan dengan penerapan prokes. Total diperkirakan ada 15 ribu pelaku usaha yang bakal diawasi.

Selain itu, dalam penerapan Makassar Recover juga nantinya akan menerapkan sistem QR Barcode. Ini untuk pengecekan segala sistem protokol kesehatan. 

“Penerapan QR Barcode untuk mengetahui status kesehatan. Stiker QR tempah Usaha, Stiker QR Code Lorong, Stiker QR Code Rumah, Protokol event, protokol perbatasan dan protokol izin usaha,” tutup Danny.(*)


BACA JUGA