Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat memaparkan Makassar Recover di DP Hall Kediaman Danny Pomanto, Jumat (05/03/2021)

Pemkot Antisipasi Virus Baru Covid-19 B117 Lewat Makassar Recover

Sabtu, 06 Maret 2021 | 18:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akhirnya meluncurkan Makassar Recover. Program ini diklaim mampu mengatasi virus Covid-19 yang sudah bermutasi jadi varian baru yakni B117.

“Antisipasi varian baru Corona B117 adalah Makassar Recover itu,” kata Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto saat peluncuran Makassar Recover di kediaman pribadinya, Jumat (05/03/2021).

Disebutkan Danny, Makassar Recover bukan hanya ada untuk menangani Covid-19. Melainkan lebih dari itu, yakni menghilangkan pandemi virus ini.

“Jadi apapun virusnya kita sudah paham dengan itu,” ujar Wali Kota Makassar 2014-2019 ini.

Nantinya melalui Makassar Recovery, seluruh warga Kota Makassar akan diberi barcode. Untuk virus Covid-19. Semua data tersebut akan dikirim melalui aplikasi Sombere’ and Smart City.

“Mekanisme kita sudah latih masyarakat. Ini adalah gerakan serentak 100 persen masyarakat. Secara periodik 14 hari sekali pemeriksaan dan dikelola secara Smart City. Sehingga semua data akurasi dan sangat terjaga,” tuturnya. 

“Kita gampang antisipasi karena tidak perlu harus kemana karena didatangi rumahnya secara berkala,” sambung Danny. 

Sebelumnya, pengumuman masuknya Covid-19 varian baru B117 diungkapkan Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono. Ia mengatakan varian baru Covid-19 pertama kali ditemukan di Inggris. 

“Virus ini adalah mutasi dari Sars-CoV-2,” katanya. 

Dante mengatakan ditemukannya kasus varian baru Covid-19 ini, artinya Indonesia menghadapi pandemi. Ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat. 

Awalnya, pemerintah mengecek dari 462 kasus di seluruh Indonesia yang berpotensi merupakan kasus mutasi virus Covid-19, dalam beberapa bulan terakhir. Hasilnya, ditemukan dua kasus.(*)


BACA JUGA