Penanganan sampah yang dilakukan oleh ASOBSI

Berpedoman Jakstrada, ASOBSI Upayakan Capai Target Penanganan Sampah dari Pusat

Senin, 29 Maret 2021 | 23:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) berupaya menekan jumlah sampah di Makassar. Pihaknya menjalankan tugas ini dengan berpedoman pada Jakstrada.

Diketahui, Jakstrada merupakan singkatan dari Kebijakan dan Strategi Daerah Pengelolan Sampah Rumah Tangga. Tertuang dalam Perwali Nomor 36 Tahun 2018 dan turunan dari Perpres Nomor 97 Tahun 2017 tentang Jakstra Nasional.

Disampaikan Ketua ASOBSI, Saharuddin Ridwan, pihaknya selalu mengacu pada aturan tersebut. Tahun ini target yang mesti dicapai ialah 22 persen untuk pengurangan dan 75 persen dalam penanganan.

“Jadi kami selalu melihat kesitu. Pemerintah pusat menetapkan Jakstrada sebagai indikator dalam meraih Adipura,” ujar Sahar, Senin (29/03/2021).

“Jakstrada itu kan kita serahkan juga ke pusat. Jadi nanti kalau ada penilaian tentang Adipura, mereka akan melihat melalui itu,” sambungnya.

Meski begitu, Direktur Operasional (Dirops) PD Pasar Makassar ini tak menampik jika perlu ada kerja ekstra untuk mencapai target dari pusat. Minat masyakarat untuk menjual sampah lesu karena pandemi.

Ia pun berharap seluruh pihak dapat membantu terkhusus pemerintah. Terlebih, menurutnya, apabila ada modal yang banyak, daya jual beli pun kian meningkat. Jumlah sampah di TPA juga bisa ditekan.

“Seperti begitu, kemarin anggaran kita hanya Rp300 Juta makanya lesu. Tapi Alhamdulillah kita bisa putar dan dapat Rp1 Miliar lebih,” tutup Sahar.(*)


BACA JUGA