Ketua ASOBSI, Saharuddin Ridwan/Int

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Saatnya Menuntaskan Masalah Sampah dari Rumah

Sabtu, 05 Juni 2021 | 18:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Setiap tahunnya, Kota Makassar selalu dihantui persoalan sampah. Dampaknya begitu terasa bagi lingkungan sekitar.

Belum lagi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sudah overload atau melebihi kapasitas. Kondisi itu dikhawatirkan membuat sampah tak punya tempat untuk dibuang.

Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI), Saharuddin Ridwan mengatakan bahwa masalah ini perlu menjadi perhatian semua pihak. Terkhusus warga, di mana mereka sudah harus bisa mengelola sampah rumah tangga.

“Seharusnya dari rumah itu kita sudah bisa melakukan pengelolaan sampah. Ini kan juga bisa memengaruhi kapasitas di TPA,” ujarnya dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada hari ini, Sabtu (05/06/2021).

Apabila sampah rumah tangga, kata Sahar, dikelola dengan baik seperti di daur ulang maka bisa membantu mengurangi jumlah sampah di TPA. Juga membuat sampah bernilai ekonomi.

“Kan artinya sisa residu atau sampah yang tidak bisa di daur ulang atau diapakan yang dibuang di TPA,” sambungnya.

Di Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, Direktur Operasional PD Pasar Makassar Raya ini juga menyampaikan bahwa momen ini dapat menjadi pelecut bagi warga. Mereka diminta untuk memulai membantu pemerintah dalam menangani masalah sampah. 

“TPA bukan menjadi satu-satunya solusi membuang sampah. Kalau yang hanya dilakukan adalah buang (sampah) baru angkut, justru membuat jumlahnya semakin banyak,” tutupnya.(*)


BACA JUGA