Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Ketua ASOBSI, Saharuddin Ridwan/Ist

Bersama Wali Kota Bogor, Saharuddin Ridwan Jadi Narasumber di FGD APIC Smart

Rabu, 30 Juni 2021 | 18:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sampah merupakan masalah lingkungan yang klasik dihadapi oleh pemerintah daerah. Utamanya di perkotaan yang tingkat intensitas buangan sampahnya sangat tinggi.

Sebagai komitmen dalam penanganan sampah tersebut, Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) melalui Smart Environment Society menggelar Forum Group Discussion (FGD). Pihaknya membahas terkait Indikator Pengelolaan Sampah dalam Indeks Kota Cerdas. 

Menurut Ketua APIC Smart Enviroment Society, Maria Dian Nurani, FGD ini membahas secara spesifik perihal pemanfaatan aplikasi IT dalam pengelolaan sampah. Hal itu dianggapnya sangat menguntungkan bagi pemerintah.

“Aplikasi berbasis IT kini mulai banyak digunakan untuk pengumpulan sampah anorganik dari  masyakarat. Informasi realtime dari aplikasi ini akan sangat membantu Pemda dalam penyusunan rencana strategis dan kebijakan pengelolaan sampah di wilayahnya,” ujarnya.

Ranking Kota Cerdas Indonesia (RKCI) yang diinisiasi oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan didukung oleh APEKSI belum memasukkan isu pengelolaan sampah dan penggunaan aplikasi semacam ini dalam indikatornya. Disebutkannya, itu perlu dimasukkan.

“Bagaimana peluang penerapannya dalam RKCI dan potensinya untuk mendorong Pemda, masyarakat, bank sampah dan industri daur ulang dalam mendorong perwujudan Smart City, akan dibahas dalam diskusi ini,” sambung Maria.

Hadir sebagai narasumber adalah

1. Bima Arya Sugiarto – Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang juga merupakan Wali Kota Bogor

2. Hendra Sandhi Firmansyah – Researcher Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas (PIKKC) ITB

3. Saharuddin Ridwan – Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI)

4. Febriadi Pratama – CEO Gringgo

5. Ratih Anggraeni – Head of Climate and Water Stewardship Danone Indonesia

6. Hana Nur Auliana – Head of Communication and Engagement Waste4Change

Sebelumnya, ada sesi Opening yang akan disampaikan oleh Suhono Harso Supangkat yang merupakan Ketua Umum APIC. Juga Direktur Pengelolaan Sampah KLHK, Novrizal Tahar.

Rencananya kegiatan FGD ini dilaksanakan pada hari ini, Rabu (30/06/2021). Kegiatan ini digelar secara gratis dan terbuka untuk umum.(*)


BACA JUGA