Camat Tinggimoncong Iis Nurismi bersama Tripika melakukan peninjauan di lokasi perambahan hutan

Hutan di Pos 2 Gunung Bawakaraeng Dirambah, Camat Tinggimoncong: Sudah Mencapai Luas 3 Hektare

Sabtu, 24 April 2021 | 22:59 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Hutan di pos 2 Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa kembali dirambah oleh oknum tak bertanggungjawab. 

Perambahan hutan itu ditemukan saat pemerintah Kecamatan Tinggimoncong bersama unsur Tripika melakukan peninjauan di lokasi hutan, Jumat (23/4/2021) kemarin. 

pt-vale-indonesia

“Lokasinya di sekitaran Pos 2 Bawakaraeng dan luasannya sudah mencapai 3 hektare. Untuk pelaku perambahan sementara dilakukan pendalaman oleh tim penegak hukum kehutanan,” sebut Camat Tinggimoncong, Iis Nurismi. 

Iis menyebutkan, bahwa dulunya di lokasi perambahan itu diketahui pernah terjadi kebakaran hutan. Namun belum diketahui penyebabnya, sebab dia pun belum menjadi Camat Tinggimoncong waktu terjadi kebakaran tersebut.

“Untuk bentuk penegakan hukumnya kita serahkan kepada pihak yang berwajib. Karena sekarang perambah hutan tersebut sudah ditanami sebagian lahan itu dengan sayur mayur,” kata Camat Tinggimoncong. 

Menurut dia, pihaknya akan mengambil langkah serius terkait adanya perambahan hutan di wilayahnya itu. Salah satu upaya pemerintah kedepan bersama KSDA (Konservasi Sumber Daya Alam) yakni akan melakukan penghijauan kembali.

“Masalah ini harus berproses sesuai hukum berlaku agar menjadi warning bagi warga yang lain untuk tidak merusak hutan lindung dan menjadikannya lahan pertanian,” tegasnya. 

Di lokasi perambahan tambah Iis, pihaknya mengamankan sejumlah peralatan pertanian milik oknum perambah.

“Sebagian kami bawa sebagai barang bukti. Kami pun sudah melaporkan ke Pak Bupati Gowa,” pungkasnya.(*)

Reporter: Endra Sahab


BACA JUGA