Jelang HUT Ke-76 RI, Camat Tinggimoncong Tanam Ribuan Bunga Siri Merah

Jumat, 13 Agustus 2021 | 15:20 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM— Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong melakukan penanaman ribuan batang pohon bunga jenis Siri Merah yang dipusatkan di Ibukota Kecamatan Tinggimoncong, Kota Malino, Kamis (12/8/2021).

Camat Tinggimoncong, Iis Nurismi mengatakan penanaman ribuan pohon bunga ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia di Kecamatan Tinggimoncong.

“Dari perencanaan 1708 batang namun ternyata melebihi target. Yang ditanam lebih dari 2000 batang. Penanaman ini dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-76 RI, kita memperindah Malino dengan melakukan penanaman Siri Merah di pusat ibukota kecamatan,” ujarnya.

Lanjutnya dirinya sengaja memilih bunga Siri Merah Karena bunga ini sangat mudah untuk perawatannya dan dinilai sangat cocok dengan suasana alam hijau di Malino kerena memiliki warna yang kontras berwarna merah, apalagi jika Spathodea sedang berbunga yang juga kontras dengan siri merah.

“Karena siri merah juga menjadi salah satu jenis tanaman yang dapat memperindah kawasan wisata Malino. Siri Merah juga kita lihat menjadi salah satu tanaman yang dipilih di area kawasan Bunga Indah Malino yang menjadi daerah penghasil bunga krisan milik Ibu Mufidah Jusuf Kalla,” lanjutnya.

Selain melakukan penanaman Bunga Siri Merah, pada kesempatan ini pihaknya juga lakukan pemupukan pohon Spathodea yang merupakan salah satu tanaman bersejarah di Malino. Pohon ini adalah salah satu tanaman yang ditanam pada jaman Belanda dan masih ada hingga sekarang.

“Selain fokus di Ibukota Kecamatan, setelah ini akan dilanjutkan di masing-masing wilayah untuk memperindah kelurahan/lingkungan/dusun masing-masing,”

Penanaman ribuan Bunga Siri Merah ini dirinya melibatkan sejumlah pihak, mulai Muspika/Tripka, Secata, Rutan Malino, Pemerintah Kelurahan beserta perangkat perangkat hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan organisasi kemasyarakatan.(*)


BACA JUGA