Steering Committee Musda X Golkar Gowa, Isyraq Niam Ambas

Baru Satu Calon Bersyarat Pimpin Golkar Gowa: Tiga Calon Lainnya Tunggu Surat Sakti

Senin, 26 April 2021 | 22:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemilihan Ketua DPD II Partai Golkar Gowa akan digelar pada pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) ke X Golkar Gowa. 

Pada tahapan awal proses pencalonan bakal calon ketua DPD II Golkar Gowa muncul sejumlah nama. Diantaranya adalah Andi Muh Ishak, Yusuf Sommeng, Hoist Bachtiar, dan Ambas Syam. 

Keempat nama tersebut disebut-sebut sebagai calon kuat ketua Partai berlambang pohon beringin di kabupaten Gowa. 

Pihak penyelenggara Musda pada Kamis (18/3/2021) lalu telah melaksanakan fit and proper test untuk keempat bakal calon ketua. 

Salah satu Steering Comite Musda X Golkar Gowa, Isyraq Niam Ambas menyebutkan bahwa, hingga saat ini baru ada satu nama bakal calon yang memenuhi persyaratan. 

Nama bakal calon tersebut adalah Ambas Syam. Sementara tiga calon lainnya belum memenuhi persyaratan. 

“Tiga nama bakal calon yang tidak memenuhi syarat itu adalah Andi Muh Ishak, Yusuf Sommeng dan Hoist Bachtiar,” kata Isyraq Niam kepada media, Senin (26/4/2021). 

Agar bisa maju bertarung pada pemilihan ketua di Musda nantinya, ketiga calon tersebut harus memiliki diskresi atau surat sakti. Diskresi itu diperuntukkan bagi bakal calon (bacalon) yang tidak bersyarat.

“Kan banyak yang harus dipenuhi, salah satunya ada yang tidak memenuhi syarat belum cukup 5 tahun,” ujar Isyraq Niam. 

Selain itu kata Isyraq, ada juga karena bacalon tidak berdomisili di Kabupaten Gowa. Atau karena ada keluarga/istri atau anak di partai lain.

“Ada juga duduk di DPRD mewakili partai lain, itukan tidak memenuhi syarat semua dan ini memerlukan diskresi surat dari DPP, melalui rekomendasi DPD I, DPD 1 yang merekomendasikan balon yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan diskresi,” pungkasnya.(*)

Reporter: Endra Sahab


BACA JUGA