Pelaksanaan program Sikola Amma'Bapa' oleh Dinas PPPA Gowa.

Program Sikola Amma’ Bapa’, Dinas PPPA Gowa Berhasil Turunkan Angka Kekerasan Anak

Rabu, 09 Juni 2021 | 11:52 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Progam Sikola Amma Bapak yang dicanangkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Gowa mulai membuahkan hasil.

Melalui program ini, angka kekerasan anak di Kabupaten Gowa mengalami penurunan yang cukup signifikan.

pt-vale-indonesia

Kepala Dinas PPPA Gowa, Kawaidah Alham menyebutkan bahwa sejak dicanangkan tahun 2018 lalu, program Sikola Amma Bapak berdampak positif terhadap penurunan angka kekerasan anak di Gowa.

“Kekerasan fisik terhadap anak saat ini cukup menurun. Begitu juga dengan pernikahan usia dini baru dua kasus.
Tahun ini, baru dua kasus yang kami tangani,” katanya, Rabu (9/6/2021).

Progam ini lanjut Kawaidah dilakukan para kader di lapangan. Pihaknya sebisa mungkin memfokuskan program ini di setiap Kecamatan. Pelaksanaannya bisa di Kantor camat dan juga di kediaman yang bersangkutan.

“Progresnya sekarang sudah bisa kita lihat, sudah banyak kekerasan yang menurun,” kata Kawaidah.

Dinas PPPA menurunkan sejumlah Kader untuk mendata masyarakat yang rentan terhadap tindak kekerasan baik itu kekerasan dalam rumah tangga maupun melakukan perkawinan di bawah usia 19 tahun.

“Kalau kader itu kita ada forum anak, kita ada teman-tema dari KPI, teman-teman dari Lembaga Pemerhati Anak, kader-kader PKK dari desa, kita pakai itu semua untuk mendata,” ujarnya.

Menurut Kawaidah, progam Sikola Amma Bapak bukan hanya program yang mampu menurunkan angka kekerasan anak saja, melainkan juga program sosialisasi dan edukasi bagi para orang tua tentang dampak negatif menikahkan buah hatinya di usia anak. (*)

*Reporter: Endra Sahab


BACA JUGA