Humas IDI Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin.

IDI Makassar Sesalkan Masyakarat Tak Disiplin Protokol Kesehatan

Kamis, 01 Juli 2021 | 22:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar prihatin atas kasus Covid-19 yang masih tinggi. Pihaknya menilai hal tersebut disebabkan karena masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan (Prokes).

Demikian diungkapkan Humas IDI Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin. Dari pantauannya, masih banyak masyakarat yang belum menerapkan prokes saat beraktivitas di luar rumah.

“Orang malas jaga jarak, tidak pakai masker. Seandainya masyakarat ketat melakukan itu, varian apapun pasti tidak akan menulari,” ujarnya, Kamis (01/07/2021).

Pria yang akrab disapa Dokter Koboi ini memandang penerapan prokes saat ini tepat ditegakkan. Walau ada vaksin, namun potensi penularan bisa terjadi jika masih abai.

“Kita harus preventif, paling besar efektif itu 3M (Mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker),” sambung Kabag Humas dan Kerjasama UIM ini.

“Vaksin hanya membantu, bukan obat. Hanya terbentuk imun Covid-19 jadi saling keterkaitan itu,” jelas Dokter Koboi.

Untuk diketahui, merujuk pada infocorona.makassar.go.id, kasus Covid-19 di Kota Makassar per tanggal 30 Juni sudah mencapai 31.209. Kasus harian pada hari yang sama ialah 59.(*)


BACA JUGA