TK Islam Athirah 2 melaksanakan Peringatan 1 Muharram 1443 H secara virtual pada Jumat (13/08/2021)/Ist

Intip Keseruan Peringatan Tahun Baru Islam ala TK Islam Athirah 2

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 20:59 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – TK Islam Athirah 2 melaksanakan Peringatan 1 Muharram 1443 H pada Jumat (13/08/2021). Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting merupakan bagian dari kegiatan keagamaan khas sekolah ini.

Sebanyak 36 Peserta yang terdiri dari anak didik serta seluruh guru TK Islam Athirah 2 menghadiri kegiatan. Dan dimulai sejak pukul 09.00-10.00 WITA.

Pemandu Acara, Asmiaty memulai kegiatan dengan menyapa anak didik serta memandu pembukaan acara dengan Surah Al Fathihah. Setelah pembukaan Pemandu acara yang akrab disapa dengan Ummi Asmy lalu memperkenalkan tujuan dari pertemuan di zoom pada hari itu.

“Jadi, hari ini kita melaksanakan kegiatan peringatan 1 Muharram 1443 Hijriah, ayo teman-teman semuanya sebutkan bersama-sama,” ujarnya.

“Anak didikpun berusaha mengucapkan secara bersama-sama1 Muharram 1443 Hijriah. Meskipun ada yang belum fasih mengucapkan (khas anak usia dini), namun hal ini yang membuat ruang zoom menjadi riuh,” sambung Asmiaty.

Memasuki sesi pertama dari peringatan Tahun Baru Hijriah, Anak didik TK Islam Athirah 2 diperkenalkan dengan materi tentang berbagai hikmah dan peristiwa dari bulan pertama di tahun Hijriah yakni Bulan Muharram. Nurul Khaimah membawakan materi denngan sangat seru.

Anak didik terlihat senang karena adanya media gambar animasi yang diperlihat untuk memperkenalkan kepada anak didik. Itu tentang apa saja yang terjadi di bulan Muharram menurut sejarah Islam.

Di akhir materinya, beliau bahkan memandu pembacaan doa untuk mengakhiri tahun 1442 Hijriah. Juga doa memasuki tahun baru 1443 Hijriah.

Salah satu hikmah yang ingin disampaikan kepada anak didik oleh guru TK Islam Athirah 2 di momen 1 Muharram ini ialah ajakan Nabi Muhammad SAW untuk bersedekah dan memperlihatkan kasih sayang kepada anak yatim. Dan hal ini tidak hanya disampaikan dalam bentuk materi oleh guru (ummi-ummi).

Mereka bahkan memperlihatkan video momen berbagi hadiah oleh guru Tk Islam Athirah 2 kepada Panti Asuhan Al Iksan yang terletak di Kabupaten Gowa. Tujuannya agar anak didik dapat melihat langsung kebahagiaan anak panti asuhan yang diberikan hadiah.

Momen Tahun Baru Hijriah ini juga menjadi salah satu ajakan guru kepada anak didik TK Islam Athirah 2. Ini untuk memasuki tahun yang baru dengan menjadi pribadi yang lebih baik.

Hal pertama ialah anak didik dipersilahkan untuk mencium kedua tangan orangtua yang mendampinginya seraya meminta maaf jika selama ini mereka memiliki kesalahan. Orangtua pun terlihat menyambut dengan haru dan saat sesi ini ada beberapa orangtua yang memeluk atau memangku anaknya.

Selain itu anak didik juga diajak untuk membuat resolusi terbaik bagi diri mereka. Meskipun masih berada di usia dini, mereka diperkenalkan untuk membuat harapan baik sebagai motivasi agar bisa mengikrarkan janji kepada diri sendiri untuk menjadi anak sholeh sholehah versi diri mereka masing-masing.

Hal ini dilakukan dengan cara seru dan santai, setiap kelas secara bergantian mengucapkan selamat tahun baru Hijriah lalu mengucapkan janji baik bersama wali kelas masing-masing. Pada sesi ini anak didik terlihat senang dan bahkan ada yang tersenyum bahagia karena mendengarkan janji anak diucapkandengan sunguh-sunguh namun dengan wajah polos khas anak usia dini.

Tahun Baru Hijriah adalah momen untuk memperkenanlkan berbagai kebaikan yang dapat dilakukan oleh seseorang. Baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Dengan cara yang seru dan menyenangkan ataupun dengan suasana yang penuh haru. Inti dari belajar ala anak usia dini adalah serba serbi kegiatan menyenangkan dengan penuh kebahagiaan. (*)