Binda Sulsel bekerjasama dengan Pemkab Gowa menggelar program vaksinasi yang dimulai sejak 1 Desember 2021/Ist

Siang Malam, BINDA Sulsel Gelar Vaksinasi di 9 Wilayah Sasar Anjal

Kamis, 09 Desember 2021 | 15:16 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Badan Intelijen Negara (BIN) Sulsel bekerjasama dengan Pemda terus menggenjot vaksinasi. Tujuannya, mencapai target dari Presiden Jokowi yakni 70 persen jumlah penduduk atau sasaran vaksin.

Seperti yang dijelaskan oleh Kabinda Sulsel Brigjen TNI Dwi Surjatmodjo, vaksinasi BIN kali ini bekerja sama dengan para pelaku usaha. Di mana memiliki tempat berkumpulnya masyarakat dan berinteraksi.

“Vaksinasi ini dilakukan untuk mencapai target yang diberikan oleh Bapak Presiden yaitu 70 persen jumlah penduduk atau sasaran vaksin. Kegiatan ini bekerjasama dengan pelaku-pelaku usaha dimana tempat berkumpulnya masyarakat dalam berinteraksi,” jelas Dwi Surjatmodjo, Kamis (09/12/2021).

“Dari hal tersebut kita juga melaksanakan kegiatan sampai malam, harapannya akhir tahun ini bisa tercapai Herd Immunity yang diharapkan. Kemudian kami berharap pada masyarakat (yang belum divaksin) untuk segera mendatangi tempat-tempat vaksinasi yang kami siapkan,” sambungnya.

Ia juga mengatakan bahwa Sulawesi Selatan baru mencapai 57 persen. Diharapkan dapat mencapai lebih dari 70 persen diakhir tahun 2021.

Adapun kabupaten/kota yang dijadikan sasaran vaksinasi kali ini yakni Kab. Barru, Kab. Pinrang, Kab. Bulukumba, Kab. Sidrap, Kab. Gowa, Kota Palopo, Kab. Bone, Kab. Sinjai, dan Kab. Pangkep. Berikut dengan total target sebanyak 93.700 dosis vaksin.

Program vaksinasi tersebut rencananya akan dilaksanakan selama beberapa hari berturut-turut hingga akhir Desember 2021. Terkhusus di daerah-daerah yang masih rendah tingkat vaksinasinya.

Target 58.000 Dosis Vaksin di Kabupaten Gowa Sasar Pengunjung Wakop Hingga Anjal

Vaksinasi Covid-19 akan kembali dilakukan di Kabupaten Gowa, Sulsel. Sasarannya adalah beberapa kalangan, seperti pengunjung warkop, perserta UMKM, dan anak jalanan (Anjal).

Program vaksinasi kali ini kembali dilakukan oleh Badan Intelejen Negara Daerah (Binda) Sulsel. Pihaknya sendiri bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

“Pertama kali di laksanakan untuk pengunjung warkop dan menyisir sejumlah anak jalanan,” ungkap Dwi.

Mereka kemudian akan melakukan vaksinasi yang tersebar di 11 Puskemas di Gowa. Giat ini dilakukan sejak 1 Desember 2021 hingga mencapai target yakni 58.000 dosis.

Koordinator BIN Daerah Gowa, Muh Basri mengatakan bahwa vaksinasi ini untuk mempercepat langkah penguatan herd immunity. Dengan begitu, imunitas warga meningkat dan bisa lebih leluasa beraktivitas.

Selain itu, ia meminta kepada masyarakat lain agar berbondong-bondong ke Puskesmas terdekat. Agar mereka mendapat vaksinasi.

“Agar masyarakat mau divaksin agar tercapai herd immunity,” kata Muh Basri.

Adapun Titik Vaksinasi :

1. Puskesmas Bajeng

2. Puskesmas Bontomarannu

3. Puskesmas Gentungan

4. Puskesmas Kampili

5. Puskesmas Kanjilo

6. Puskesmas Moncobalang

7. Puskesmas Pabentengan

8. Puskesmas Pallangga

9. Puskesmas Samata

10. Puskesmas Somba Opu

11. Puskesmas Pattallassang. (*)


BACA JUGA