Peluncuran buku sekaligus konferensi pers RIC 2021 di Floom Space, Kamis (09/12/2021)

Rock In Celebes 2021: Konser 10 Hari di Lokasi Berbeda, Dibarengi Peluncuran Buku

Jumat, 10 Desember 2021 | 12:31 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Festival musik Rock In Celebes (RIC) kembali hadir di Kota Makassar. Selama perjalanan 12 tahun, RIC terus bertransformasi dengan menawarkan konsep yang berbeda.

Festival musik RIC bakal digelar selama 10 hari di Kota Makassar di 10 lokasi berbeda. Mulai 10 sampai 19 Desember 2021.

Founder & Director Rock In Celebes, Ardy Chambe mengatakan bahwa kali ini RIC menghadirkan pengalaman baru. Adapun dengan meluncurkan buku Rock in Celebes “100 Tahun Musik Populer Makassar” yang ditulis oleh Anwar Jimpe Rachman.

Dalam buku tersebut menceritakan tentang perjalanan selama 12 tahun RIC. Juga menceritakan sejarah musih yang ada di Makassar.

“Kita menginginkan bahwa bukan hanya ingin menyajikan pertunjukan musik tapi lebih jauh lebih dari itu dengan melaunching buku Rock In Celebes. Sehingga hal ini yang membuat kami terus bernafas lebih panjang,” terangnya, Kamis (09/12/2021).

RIC kali ini membuat sirkuit dengan membawa transformasi festival berupa pertunjukan langsung dan terbatas. Dan mengikuti aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Selama sepuluh hari berturut-turut pada 10-19 Desember 2021, dengan lebih banyak dan beragam penampil, di sepuluh lokasi atau tempat berbeda yang memiliki nilai ikonik atau historikal bagi Rock in Celebes dan kota Makassar,” lanjutnya.

Penyelenggaraan Rock in Celebes 2021 menerapkan protokol kesehatan yang berbasis pada CHSE. Yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Selain peluncuran buku dan merchandise Legacy serta pertunjukan musik Rock in Celebes. Juga menyelenggarakan kegiatan Vaksinasi dan Swab di semua tempat selama penyelenggaran berlangsung.

“Kami mendukung penuh program percepatan vaksinasi pemerintah dengan menyediakan 1000 dosis vaksin Sinovac untuk dosis pertama dan kedua. Menyasar kepada para pekerja dan penikmat seni dan kreatif serta masyarakat umum lainnya mulai dan usia 12 tahun keatas, sebagai peran kita bersama untuk menuntaskan pandemi,” katanya.

Adapun 10 lokasi yang bakal diselenggarakan Rock In Celebes yakni pada Jumat, 10 Desember di Gedung Kesenian Sulsel Societeit De Harmonie menghadirkan band Pusakata. Sabtu 11 Desmber di Auditorium RRI menghadirkan Fraud.

Minggu, 12 Desember di Fort Rotterdam menampilkan band Endah n Rhesa, 13 desember di Chambers Shop hadir band Diskopantera. Senin, 14 Desember di Rooftop Garden Nipah menghadirkan band Rocket Rockers.

Sementara pada Selasa 15 Desember di Lapangan basket karebosi menghadirkan band Jason Ranti. Rabu 16 Desember di Monumen mandala menghadirkan band Iksan Skuter.

Selanjutnya, Kamis, 17 Desember di Phinisi Point menghadirkan Loejoe dan kapal udara, Jumat, 18 Desember di Celebes Convention Center menghadirkan band Dead vertical dan Sabtu, 19 Desember di peralatan Trans Studio Mall Makassar menghadirkan band Tipe X. (*)


BACA JUGA