Presiden Jokowi Lantik Andi Sudirman Sulaiman Sebagai Gubernur Sulsel

Kamis, 10 Maret 2022 | 23:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM – Andi Sudirman Sulaiman (ASS) resmi menjabat sebagai Gubernur definitif Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia akan memimpin pada periode sisa masa jabatan 2018-2023.

Andi Sudirman tiba di Istana Negara pada pukul 16.04 WITA. Ia mengenakan baju dinas berwarna putih.

pt-vale-indonesia

Sebelum mengikuti proses pelantikan, ASS akan memasuki kirab menuju Istana Negara. Itu diantar langsung oleh bapak presiden dan wakil presiden.

Pelantikan itu dilakukan berdasarkan surat keputusan (SK) pelantikan Gubernur sisa jabatan 2018-2022. Dan dibacakan langsung oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Selanjutnya pengambilan sumpah jabatan yang dibacakan langsung Presiden, Joko Widodo. Sekaligus pengangkatan sebagai Gubernur Sulsel.

Sekadar diketahui, pelantikan Andi Sudirman sebagai Gubernur definitif Sulsel tanpa Wagub ini berdasarkan aturan yang ada dalam Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 (UU Pilkada) terkait pengisian jabatan wakil kepala daerah yang kosong.

Kemendagri sebelumnya sudah menyampaikan ke DPRD Sulsel bahwa batas pengisian jabatan wagub Sulsel hanya sampai 5 Maret. Adapun dengan catatan Andi Sudirman Sulaiman sudah menjadi Gubernur Sulsel definitif. Namun, hingga batas 5 Maret, tak ada pelantikan Gubernur Sulsel definitif.(*)


BACA JUGA